SAMPAH PLASTIK PENUHI PANTAI SELATAN

by -5 views

METROPOLITAN – Pasca-li­buran Idul Fitri 1440 Hijriah, ribuan limbah plastik berserakan di sepanjang Pantai Selatan Su­kabumi. Kondisi itu memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi bersama sejumlah masyarakat dan komunitas berbondong-bondong member­sihkannya.

Menurut Kepala Bidang Infor­masi dan Komunikasi Publik DKIP Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri, Bupati Suka­bumi Marwan Hamami acap­kali mengimbau masyarakat yang menikmati pantai di Sukabumi agar selalu menjaga dan meles­tarikan keindahan pantai dan tidak membuang sampah di pinggir pantai.

“Pak Bupati sering mengimbau agar sama-sama menjaga keber­sihan dan memelihara keindahan di kawasan wisata. Misalnya seperti di pantai dengan tidak membuang sampah semba­rangan, serta tidak merusak fa­silitas yang berada di pantai,” katanya.

Sebab, keindahan pantai di Su­kabumi bisa dirasakan kenyama­nannya apabila terlihat bersih dari sampah. “Kalau pemerintah saja tentu mustahil selesaikan masalah sampah ini. Perlu komit­men dan kesadaran bersama, baik para pemilik warung atau warga pengunjung,” terangnya.

Herdy mengapresiasi sejumlah komunitas dan masyarakat yang telah peduli untuk membersih­kan sampah. “Ini yang patut ditiru. Lembur urang dijagaan ku urang (kampung kita dijaga sama kita, red),” ungkapnya.

Kepala Bidang pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Denisa Eriska menyampaikan, pasukan kuningnya terus berupaya mela­kukan bersih-bersih di lokasi wisata. “Armada yang disiagakan selama libur Idul Fitri 12 unit dumptruck dengan jumlah per­sonel 60 orang,” jelasnya. (re/feb/run)