Sepatu Anti-Pelecehan Mampu Lumpuhkan Penjahat

by -5 views
PAMERAN: Hibrar Syahrul Ghafur saat memamerkan sepatu antikekerasan hasil karyanya di Gedung LIPI belum lama ini.

luhan inovasi remaja dipamerkan di gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Salah satu kesan yang bisa ditangkap dari ragam inovasi yang ditampilkan adalah bahwa inovasi berasal dari masalah keseharian. Salah satu yang bisa menjadi cerminan adalah inovasi ’Sepatu Anti-Kekerasan Seksual’ yang dibuat Hibrar Syahrul Gafur.

METROPOLITAN – Sepatu  tersebut dilengkapi sistem listrik, mirip dengan alat pembunuh nyamuk untuk memberi efek kejut pada pelaku yang hendak melakukan tindakan kekerasan seksual. ”Tegangan listrik yang dipakai di alat 2.000 Volt,” kata Hibrar.

Teganag tersebut, jelas Hibrar, sudah cukup dapat memberi efek kejut yang cukup. Bagian depan sepatu dilengkapi saklar yang dengan mudah ditekan untuk menyalakan alat. Saat masih berusia 15 tahun, sepatu itu diklaim bisa mencegah pelecehan seksual.

 Sepatu ciptaan Hibar ini baru saja menyabet medali emas di ajang International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Malaysia. Sepatu tersebut sempat menyedot perhatian para pengunjung pameran. Mereka kagum akan keampuhannya karena sepatu itu bisa menimbulkan sengatan listrik yang dapat melumpuhkan orang yang akan berbuat jahat.

Sepatu berhak tinggi ini di dalamnya memiliki rongga. Ruang berongga tersebut berfungsi untuk menempatkan baterai. Tujuannya untuk memberikan efek getar. Terdapat guntaian kabel yang terhubung dengan baterai dan fungsinya untuk proses pengisian ulang baterai.

Terciptanya sepatu tersebut berawal dari pengalaman pribadinya yang sempat mengalami sesuatu yang mengarah kekerasan seksual pada saat kelas satu SD. Kejadian itu sampai dirinya dibawa ke rumah sakit. Terpikirnya untuk membuat sepatu karena dulu dirinya juga pernah ditendang. Proses kerja dari sepatu itu sangatlah mudah, hanya dengan mengaktifkan pada tombol yang berada di bawah. Rupanya, saat melakukan perlawanan pada pelaku, tidak perlu terlalu keras dengan mengenakan sepatu tersebut. Yang terpenting terkena badan saja.

Sepatu tersebut dilengkapi baterai yang bisa di-charger, jadi tidak perlu khawatir saat habis. Dirinya tak hanya berprestasi, Hibar kini dijadikan anak asuh oleh menteri KPPA. Luar biasanya lagi, sepatu tersebut meski mengalirkan arus listrik juga anti air. (kmp/mam/ run)