Telkomsel Tunggu Restu Pemerintah

by -

METROPOLITAN – Telkomsel terus mempersiapkan kehadiran teknologi 5G di Indonesia. Namun perusahaan telekomunikasi ini menyebut belum menunjuk mitra jaringan untuk gelaran 5G nasional lantaran masih menunggu restu pemerintah.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto, mengatakan, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi terkini di tanah air, termasuk teknologi 5G. “Kami sudah mempersiapkan untuk adopsi generasi baru dari koneksi broadband ini, namun untuk adopsinya di Indonesia masih banyak yang harus dipersiapkan,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu yang paling penting adalah kesiapan perangkat membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. “Untuk IoT (Internet of Things) dengan 5G di Indonesia juga masih banyak yang harus dipersiapkan,” sambungnya.

Dia menambahkan, teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan. Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di band millimeter wave (seperti spectrum di atas 24 GHz). Sebagai organisasi standarisasi industry telekomunikasi Internasional, 3GPP juga sedang mempersiapkan proposal terhadap standarisasi dari 5G NR (New Radio).

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerja sama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” lanjut Iskriono.(jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *