Tiga Rumah, Tiga Motor Ludes Terbakar

by -27 views

METROPOLITAN – Tiga rumah mi­lik warga di Sukabumi ludes terbakar. Api mengamuk di permukiman padat penduduk di Kampung Nagrog, RT 02/05, Desa Perbawati, Kabupaten Sukabumi, Senin (17/6) sekitar pukul 01:00 WIB.

Ketiga pemilik rumah tersebut ya­kni Agus (50), Nana (50) dan Mami (55). Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. ”Malam saya dengar ada suara minta tolong. Awalnya tenang saja ngelanjutin tidur. Lama-lama suara minta tolong makin ramai. Saya ada rasa melang (khawatir, red) juga. Bergegas keluar, ternyata ada kobaran api,” kata Santi (30), tetangga korban.

Saat itu, Santi melihat salah seorang pemilik rumah, Agus, berteriak seraya mencoba memadamkan api. Namun api terus membesar hingga mele­wati atap rumah. Pemilik rumah yang lain pun terbangun lalu menyelamat­kan diri berlarian ke luar rumah. ”Pak Agus sudah berada di luar bersama keluarganya. Warga juga berbondong ke lokasi berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Saking besarnya api, saya buka pintu, hawa panasnya sampai terasa,” ujar Santi.

Rumah milik Agus rata dengan tanah. Sedangkan dua rumah lainnya masih berdiri dengan kondisi kerusakan mencapai 50 persen. ”Saat kejadian, saya sedang ngobrol. Tahu-tahu ribut-ribut ada kebakaran dan teriakan minta tolong. Terny­ata api sudah menjalar dekat rumah saya,” kata pemilik rumah, Nana.

Nana menyebut pemadam datang ketika nyala api sudah kecil sekitar pukul 02:30 WIB. Rumah miliknya mengalami kerusakan di bagian dinding dan atap. ”Pemadam datang api sudah kecil. Warga juga berusaha bantu dengan siram-siram air tapi api keburu mem­besar. Ada tiga rumah habis, berikut tiga motor. Ada bebe­rapa rumah juga yang kena tapi tidak sampai parah kerusa­kannya,” ujar Nana.

Tetangga korban, Yusuf War­war (34), menduga api berawal dari kediaman Agus. Api dipi­cu hubungan pendek arus list­rik. ”Api dari rumah Pak Agus cepat menjalar mengenai ke­diaman Pak Nana dan Pak Mami. Ada tiga motor juga yang ikut terbakar. Sempat ada le­dakan diduga dari salah satu motor milik korban,” tuturnya.

Di kediaman Agus ada istri dan anaknya, di kediaman Nana ada istri dan dua anaknya, serta Mami tinggal bersama menan­tunya. ”Seluruh korban selamat,” ucap Yusuf. (dtk/mam/run)