METROPOLITAN – Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, melakukan inspeksi men­dadak (sidak) ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor pada hari pertama masuk kerja, kemarin. Dalam kesempatan itu, Iwan sempat berdiskusi dengan jajaran DPMPTSP dan sama-sama menginginkan adanya Unit Pengelola Tek­nis (UPT) Perizinan untuk mempermudah pelayanan perizinan kepada masyarakat.

Menurut Iwan, keinginan ini sejalan dengan semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang ingin terus berinovasi mening­katkan pelayanan masyarakat. Rencana ini pun memungkinkan untuk segera di­bahas serius agar benar-benar bisa direa­lisasikan. “Tadi DPMPTSP menyampaikan teknis pelayanan baru sebagai inovasi peningkatan pelayanan. Ke depan perlu ada UPT khusus perizinan untuk memudahkan pelayanan. Ini memungkinkan untuk di­segerakan karena sangat bagus. Jadi ngurus perizinan ngga perlu bolak-balik ke dinas. Je­mput bola,” kata Iwan.­

Soal teknisnya, Iwan mem­bayangkan tak akan jauh ber­beda dengan UPT Disdukcapil yang saat ini sedang digarap. Bahkan, dirinya bercita-cita pelayanan untuk masyarakat nantinya bisa terfokus di tiap-tiap kecamatan.

“Seperti di Jepang, kantor kecamatan lebih besar dari kantor wali kota atau bupati, karena pelayanan itu lebih ba­nyak di kecamatan. Harusnya memang gemuk di kecematan dan kita sudah mulai seperti di Disdukcapil dan Damkar di kecamatan-kecamatan,” terang­nya.

Selain ke DPMPTSP, Iwan juga melakukan sidak ke se­jumlah dinas lain seperti Dis­dukcapil dan Badan Pengelo­laan Pendapatan Daerah (Bap­penda). Menurutnya, sidak dilakukan untuk memastikan semua pelayanan masyarakat sudah siap di hari pertama masuk usai libur Lebaran.

“Jadi tidak ada isritilah hari pertama itu halal bihalal saja. Semua kerja normal, makanya kami cek kesiapan. Alhamdu­lillah kehadran di atas 95 per­sen. Hanya yang cuti dan sakit saja yang tidak masuk. Jadi setelah Ramadan dan Idul Fi­tri bukan malah kendur, tapi semakin kencang,” tandas Iwan. (fin)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here