Alhamdulillah… Dikasih Rumah Baru plus Usaha Ternak

by -

SUKABUMI – Iyam (65) jompo tua warga Kampung Situodog Desa/ Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi mendapatkan bantuan rumah baru. Dalam waktu dekat nenek tua ini tidak akan tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH) lagi.

Camat Kebonpedes, Ali Iskandar mengatakan, Iyam mendapatkan hibah sebidang tanah dari ketua RT setempat yang kemudian akan dibangun untuk tempat tinggalnya dengan didanai oleh pegiat sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP) dan beberapa pihak lainnya.

“Penanganan rumah Mak Iyam seluruhnya dibantu oleh relawan pak Kristiawan (SKP) dengan dana yang teralokasikan semula Rp 20 juta kemudian berkembang menjadi Rp24 juta,” tuturnya (30/7).

Ali menjelaskan, rencana pembangunan rumah Iyam mendapatkan perhatian dari beberapa pihak lainya seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Sukabumi, Relawan Baznas, Pemdes dan Kecamatan Kebonpedes serta Panitia warga setempat.

“BAZNAZ Kabupaten Sukabumi memberikan uang santunan sebesar Rp 600 ribu untuk biaya keseharian Iyam,”jelasnya.

Selain itu, Baznaz pun akan memberikan penerangan listrik rumah baru Iyam serta penguatan ekonomi produktif untuk anak kandung Mak Iyam dan akan memberi hibah berupa ternak domba dan unggas berikut kandang bagi keberlangsungan ekonomi keluarga Iyam.

“Perhatian pemerintah sangat serius untuk keluarga Iyam, bahkan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi akan melakukan intervensi terhadap anak berkebutuhan khusus Mak Iyam untuk mendapat perawatan di suport melalui program BPJS,”ujarnya.

Lebih jauh Ali menuturkan, awalnya pembangunan rutilahu milik Iyam akan mengandalkan bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, namun karena sudah diatasi oleh SKP maka bantuan rutilahu dari Dinsos akan dialihkan ke rutilahu lainnya.

“Selanjutnya dipastikan anggaran dari Dinsos akan diberikan ke rumah lain diwilayah Kecamatan Kebonpedes, akan diluncurkan bersama pembangunan rutilahu lainnya ditahun 2019,” tutupnya. (dna/ade/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *