Aset Hilang Rp722 Miliar

by -

METROPOLITAN – Pem­bentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Timur su­dah melewati proses perse­tujuan eksekutif dan legislatif di Kabupaten Bogor. Namun, pelepasan diri tujuh kecama­tan itu ternyata menghilang­kan aset Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bogor hing­ga Rp722 miliar.

Informasi yang didapat Met­ropolitan, pada 2014 total aset tanah di Kecamatan Cileung­si, Gunungputri, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Klapa­nunggal dan Tanjungsari, itu sebanyak 1.135 bidang tanah, dengan luasan hampir 8.983.684 meter persegi. Ni­l a i n ya mencapa i Rp273.946.728.483.

Sedangkan untuk aset gedung yang akan hilang dari Bumi Tegar Beriman sebanyak 3.435 bangunan, dengan total nilai Rp449.838.380.208. Sehingga jika ditotal antara aset tanah dan bangunan, jumlahnya bisa mencapai Rp722 miliar. “Yang dimaksud gedung ini adalah bukan gedung yang berdiri, tetapi gedung dan bangunan yang termasuk ja­lan pun itu termasuk kate­gori gedung dan bangunan,” kata Kepala Seksi Badan Peng­elolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Iman W Budiana, kemarin.

Menurutnya, aset bangunan adalah jalan, sekolah, rumah dinas, puskesmas, posyandu, kantor kecamatan dan kan­tor Unit Pelayanan Teknis (UPT). Nantinya sistem yang akan digunakan sama se­perti apa yang telah terjadi saat pemberian aset kepada Kota Depok. “Kita kan dulu pernah menyampaikan ke Depok, ketika aset yang ter­tanam saat itu ada di wi­layah yang bersangkutan maka semua aset yang ada di sana menjadi milik me­reka. Begitu nanti prinsipnya,” terang Iman.

Sementara iru, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor M Rizky menilai bahwa itu me­mang sebuah keniscayaan dan konsekuensi yang harus di­terima Pemkab Bogor yang melepas wilayahnya. Di sisi lain, Rizky menilai nantinya akan ada ganti untung dari Bogor Timur jika sudah lepas landas yang dalam artian su­dah tidak bersandar kepada Kabupaten Bogor. “Memang dalam menjalani hidup sel­alu ada yang harus dikor­bankan. Dan melihat Bogor Timur yang potensinya cukup besar dengan aset yang se­gitu banyak, saya rasa wajar saja lah. Nanti juga ada ganti ruginya,” jelasnya. (cr2/c/els/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *