Asyik, Jalan Wisata Pabangbon Diguyur Rp14 Miliar

by -24 views

METROPOLITAN – Akses jalan menuju tempat wisata Pabangbon, Desa Barengkok, Kecamatan Leuwi­liang yang ambles sepanjang 10 me­ter bakal diperbaiki tahun ini. Ang­garan perbaikannya berasal dari Provinsi Jawa Barat. Pembangunan jalan sepanjang sembilan kilometer dari Desa Barengkok sampai Pabang­bon itu bakal menghabiskan ang­garan senilai Rp14 miliar.

Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah Leuwiliang, Asmandilah, mengatakan, kondisi jalan ambrol disebabkan bencana alam. UPT sudah mengantisipasinya dengan perbaikan sementara. Sedangkan program jangka panjang, jalan sepanjang sem­bilan kilometer itu bakal ditingkatkan. ”Kita usulkan ruas Jalan Barengkok- Pabangbon dibangun melalui ban­tuan provinsi (banprov),” ujarnya.

Untuk Tembok Penahan Tebing (TPT) yang ambrol dimasukkan da­lam adendum. Ia berharap bisa se­cepatnya dilelang, sehingga ruas Jalan Barengkok-Pabangbon bisa dibangun akhir tahun ini. ”Intinya, ambrolnya jalan menuju tempat wi­sata Pabangbon disebabkan ben­cana alam dan langsung ditangani agar bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat,” katanya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa (Kades) Barengkok, Agus Jamaludin, mengatakan, perbaikan jalan wisata sangat penting lantaran merupakan kebutuhan urgen. Ia berharap jalan dilebarkan agar lalu lintas kendara­an menuju tempat wisata lebih besar dan tidak sempit. “Kita minta jalan wisata bisa dibangun tahun ini, se­belum jalan yang ambles makin me­luas,” tukasnya. (ads/b/els/py)