Berkas Kasus Perempuan Pembawa Anjing ke Masjid Dilimpahkan ke Kejaksaan

by -24 views

METROPOLITAN.id – Kasus viralnya perempuan yang membawa anjing ke dalam masjid Al-Munawaroh Sentul, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu terus bergulir. Setelah menatapkan status tersangka pada perempuan pembawa anjing, SM (52), Polres Bogor melimpahkan berkas perkara ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong, Jumat (12/7).

“Kasus Penistaan Agama yang dilakukan oleh tersangka perempuan berinisial SM yang masuk ke dalam masjid Al-Munawaroh dengan membawa seekor anjing serta menggunakan alas kaki, sudah dilimpahkan berkas tahap pertama ke Kejari Cibinong, Kabupaten Bogor,” kata Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky.

Sejauh ini, langkah yang sudah dilakukan kepolisian di antaranya pemanggilan dan pemeriksaan terhadap tujuh orang saksi. Selain itu, ada tiga orang saksi ahli yaitu ahli hukum pidana, ahli psikiatri dan ahli agama.

Penggalan video perempuan yang membawa anjing ke dalam masjid.

Sebelumnya juga penyidik sudah terlebih dulu menetapkan SM sebagai tersangka penistaan agama Pasal 156a KUHP. Tersangka juga telah di observasi di RS Bhayangkara Jakarta dengan melibatkan lima spesialis kedokteran jiwa dari RS POLRI, RS Premiere dan RS Marzuki Mahdi.

“Satreskrim Polres Bogor telah melakukan pengiriman berkas perkara Tahap 1 pada Rabu 10 Juli 2019 ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Cibinong Kabupaten Bogor dan menunggu petunjuk dari PJU,” terangnya.

Jika berkas perkara dinyatakan lengkap oleh kejaksaan, penyidik akan melakukan tahap dua yaitu pelimpahan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan agar perkara ini dapat diproses oleh kejaksaan kepada Pengadilan untuk kemudian di lakukan sidang.

Sebelumnya,  Seorang perempuan mendadak viral karena mengamuk dan membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Video amatir berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seorang perempuan dan seekor anjing di dalam ruangan masjid. Perempuan tersebut lantas terlibat cekcok dengan sejumlah jamaah yang ada di lokasi.

Beberapa jamaah masjid pun berusaha menenangkan wanita itu. Sementara anjingnya berlarian di dalam masjid. Namun, perempuan tersebut semakin meradang ketika berusaha ditenangkan.

Kejadian yang terekam kamera itupun mendadak viral dan menyebar disejumlah media sosial. (fin)