Besok KKJTJ Umumkan Hasil Investigasi Ambruknya Coran Tol BORR

by -40 views

METROPOLITAN.id – Kasus ambruknya Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A dari Simpang Yasmin – Simpang Semplak masih diinvestigasi tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo mengatakan hasil investigasi baru akan keluar besok, Jumat (12/7).

“Kita akan meminta kesimpulan dari KKJTJ yang besok siang akan dirapatkan penyebabnya apa. Mungkin besok baru bisa mendapatkan informasi penyebab kejadian,” kata Hendro.

Menurutnya, hasil investigasi sudah ada. Namun, baru bisa diumumkam Jumat siang.

“Nanti di situ diketahui juga kelanjutan proyek kita, masih menunggu rekomendasi komite Jumat besok,” terangnya.

Terkait kerugian, Hendro mengaku masih dalam proses inventarisasi. Saat ditanya apakah insiden ini akan menggangu target pembangunan, dirinya memastikan tidak akan berpengaruh karena proses pemulihannya tidak sampai berminggu-minggu.

“Cuma takutnya yang berlarut-larut di internal kami. Kita harus tegur dulu, kita beri sanksi juga kalau perlu. Indikatornya kalau sudah fatal. Fatal dalam artian menyalahi prosedur mengganggu ketertiban umum, merugikan negara dan masyarakat. Yang menentukan komite termasuk internal kami. Yang penting ada ketegasan untuk sanksi bagi kontraktor dan konsultan yg mengerjakan ini,” terangnya.

Kejadian ambruknya coran Tol BORR terjadi pada Rabu, (10/7) pagi sekitar pukul 05.15 WIB. Saat itu tengah dilakukan pengecoran beton di lokasi Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak arah menuju Parung tepatnya di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor.

Saat proses pengecoran beton berjalan, balok penyangga tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh. (fin)