Brasil Akhiri Kutukan Copa America

by -12 views

METROPOLITAN – Timnas Brasil mengakhiri kutukan tanpa gelar di Copa America. Ini berkat Tim Samba menun­dukkan Peru dengan skor 3-1 pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Mara­cana, dini hari kemarin.

Gol-gol Brasil dicetak Everton (menit ke-15), Gabriel Jesus (menit ke-45+3) dan penalti Richarlison (menit ke-90). Sementara gol dari titik putih yang disarangkan Paolo Guer­rero (menit ke-44) tidak bisa membawa perubahan untuk Timnas Peru.

Kemenangan itu tentu mem­buat Tim Samba berhak meraih gelar Copa America yang ke­sembilan sejak turnamen ter­sebut bergulir. Brasil juara pada edisi 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, 2007 dan 2019. Sementara itu, hasil ini disambut baik kapten Bra­sil, Dani Alves. Alves bahkan sampai mengibaratkan Tite sebagai kapten kapal untuk timnya. ”Kapten kapal kami adalah Tite. Selamat untuk kami dan orang-orang kami. Saya ulangi, selamat untuk staf kami,” kata Alves. ”Bermain di Maracana selalu sangat spe­sial. Ini adalah rumah kami,” tambah bek 36 tahun itu.

Peran Alves sebenarnya tak kalah penting dari Tite. Buk­tinya ia terpilih sebagai pemain terbaik di Copa America. Alves bahkan mencatatkan rekor tersendiri usai membawa Bra­sil juara. Ia kini mengukir tinta emas sebagai yang per­tama meraih 40 trofi sepanjang karier sepak bola, baik ber­sama klub maupun timnas.

Di sisi lain, kemenangan Tim­nas Brasil dalam Copa America 2019 menuai kritikan dari Kap­ten Timnas Argentina, Lionel Messi. Messi menyebut page­laran Copa America 2019 penuh dengan korupsi. Ia pun merasa Timnas Brasil sudah diatur jadi juara. (tib/viv/rez/run)