Dilarang Bela Timnas

by -516 views

METROPOLITAN – Bintang sekaligus kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi, dikabarkan terancam hukuman skorsing hingga dua tahun. Ini terjadi menyusul tuduhan Messi terhadap federasi sepak bola Amerika Selatan CONME­BOL.

Messi mulai mengeluhkan kepemimpinan wasit usai Argentina dising­kirkan Brasil di babak semifinal Copa America 2019. Menurut­nya, Albiceleste layak menda­pat dua penalti dalam laga tersebut.

Kemarahan Messi pun makin menjadi-jadi setelah ia dikartu merah di partai perebutan tem­pat ketiga kontra Chile akibat perseteruan dengan Gary Medel. Seusai laga, Messi me­nuding bahwa CONMEBOL adalah lembaga yang korup serta Copa America 2019 sudah diatur agar Brasil menjadi ja­waranya.

Sekadar diketahui, terdapat aturan dalam CONMEBOL yang menyebut bahwa ada larangan dengan maksud apa pun untuk menghina CONMEBOL, baik secara institusi maupun per individu.

Messi pun diklaim bisa menda­pat skorsing alias larangan memperkuat Argentina dalam waktu yang cukup lama, yakni mencapai dua tahun. Jika de­mikian, maka La Pulga bakal absen di pentas Copa America 2020 dan kualifikasi Piala Du­nia 2022.

Akibat kesal, Messi pun kemu­dian menolak mengambil medali perunggu seusai pertan­dingan. Medali ini berhak ia dapat setelah Argentina men­galahkan Chile 2-1. ”Saya rasa mereka memberi saya kartu merah karena komentar saya sebelumnya tentang Copa America ini. Kartu kuning se­harusnya cukup untuk kami berdua,” kata Messi kala itu.

”Kami tak seharusnya terlibat dalam korupsi ini. Tak ada res­pek untuk kami selama Copa America. Kami seharusnya bisa lebih baik, tapi mereka tak membiarkan kami ke final. Korupsi dan wasit tak membi­arkan fans menikmati sepak bola. Ini merusak sepak bola,” sambungnya. Sementara itu, Brasil berhasil melanjutkan perjalanannya ke final hingga keluar sebagai juara kompeti­si usai mengandaskan Peru 3-1 di partai puncak. (bol/rez/run)