Fraksi PAN Dukung Raperda Pengarusutamaan Gender

by -13 views

SUKABUMI – Anggota Frak­si Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi Edi Sudrajat menyebut bahwa rancangan peraturan daerah (Raperda) Pengarusutamaan Gender (PUG) menjadi stra­tegi yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan keseta­raan dan keadilan gender da­lam sejumlah aspek kehidupan manusia.

Aspek kehidupan tersebut mencakup rumah tangga, ma­syarakat dan negara melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan per­masalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perenca­naan. ”PAN mendukung upaya Pemkab Sukabumi untuk mewujudkan kesetaraan gen­der sebagai upaya pengejawan­tahan dari amanat UUD 1945 pasal 27 ayat 1,” ungkap Ketua Fraksi PAN itu.

PAN mendorong agar Raperda Peng­

 benar mendapatkan manfaat yang maksimal dalam pembangunan dan pengamarusutamaan Gender benar bilan keputusan yang sama di semua tahapan. ”Proses pembangunan dari Hulu sam­pai Kehilir disetiap lini Kehidu­pan Masyarakat selaniutnya juga harus dibuatkan program/kegiatan dalam lmplementasi PPRG,” ucapnya. ­

Implementasi PPRG seperti peningkatan kapasitas dan pemahaman aparatur. Pengu­atan komitmen dalam pelaks­anaaan regulasi dan kebijakan pengarusutamaan gender dalam pembangunan. Kemu­dian, Penguatan Kelembagaan PUG. Penyediaan lnstrumen pendukung analisa gender (Data Pilih Gender) di semua sektor pembangunan dan pe­ningkatan kesadaran terhadap keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan. (ade/feb)

16