Genjot BUMDes hingga Bangun Infrastruktur

by -18 views

METROPOLITAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Raga Kita Man­diri di Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, siap bergerak demi meng­genjot potensi Pendapatan Asli Desa (PADes) tahun ini. Lembaga milik desa tersebut bakal bergerak pada sektor perdagangan dengan mengelo­la showroom penjualan kendaraan roda dua.

Kepala Desa (Kades) Cinagara, Raga Burhanudin, mengatakan, untuk pembiayaan BUMDes akan disuntik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 senilai Rp100 juta. ”Kami yakin program ini berjalan dengan didukung kerja sama yang baik oleh pengurus BUMDes,” ujar Raga saat ditemui wartawan koran ini, kemarin.

Ia menjelaskan, di Cinagara terdapat lokasi bumi perkemahan. Nantinya semua kegiatan di lokasi tersebut akan dinaungi BUMDes. ”Belum lama ini ada 300 mahasiswa Universitas Indo­nesia (UI) yang menginap di tempat tersebut,” jelasnya.

Raga mengungkapkan, penyerapan APBN 2019 sudah membidik beber­apa pembangunan infrastruktur desa. Di antaranya pembangunan jalan desa, jalan lingkungan, gedung pendidikan, pembinaan dan pem­berdayaan masyarakat. “Ya, 70 persen untuk infrastruktur,” pungkasnya. (yos/c/yok/py)