Ini Pesan Sekda Tutup Diklatpim IV

by -

METROPOLITAN – Sekre­taris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, menyebutkan dua tugas pen­ting bagi seorang pemimpin. Yakni, membuat suatu peren­canaan dan mengimplemen­tasikan perencanaan tersebut. Hal tersebut diungkapkan sekda saat menutup Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV Angkatan VII Ling­kungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor 2019. “Dua hal itu minimal bisa menjadi rujukan dalam membentuk kompetensi kepemimpinan pascadiklat,” katanya kepada 30 peserta Diklatpim IV di Hotel Bahtera, Kabupaten Bogor, kemarin.

Untuk mendukungnya, ke­pada 30 peserta Ade meng­ingatkan ada tiga hal yang harus dimiliki. Pertama, harus mampu mengubah karakter atau integritas. Ke­dua, harus mampu memim­pin atas implementasi atas inovasi yang dibuat dan ke­tiga mampu melakukan ko­laborasi. “Sikapi hasil dik­latpim agar mampu mem­berikan perubahan sikap. Semoga inovasi yang diha­silkan bisa diteruskan dan dikembangkan hingga ting­kat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jawa Barat, Jamin M Saleh, menilai secara umum pre­stasi peserta Diklatpim Kota Bogor sangat bagus dibanding daerah lain. Ia berharap ini terus dibina dan dikembang­kan karena bisa menjadi mo­dal yang baik.

“Bagi para peserta berikan pelayanan terbaik agar bisa menunjukkan integritas, daya juang dengan tetap rendah hati. Layani warga dengan jujur, ikhlas dan jangan som­bong,” katanya. ”Cerdas bo­leh tapi jangan sombong. Jalani tugas dengan baik tanpa menunggu atau men­gharap pujian. Jangan sakit hati karena dicerca atau di­caci, jadikan itu modal mem­perbaiki dan mengembang­kan diri. Tantangan dan intervensi banyak, birokra­si tetap harus tegar membe­rikan pelayanan,” tambahnya. (*/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *