IPB Gandeng Belanda Bikin Logistik Peternakan

by -19 views

Fakultas Peternakan IPB University dengan Konsorsium Belanda yaitu Nuffic, Maastricht School of Management, Wageningen dan Aeres groep membentuk proyek yang diberi nama Animal Logistics Indonesia Netherlands (ALIN).

DIREKTUR Proyek ALIN yang merupakan Guru Besar Fakultas Peternakan IPB Uni­versity, Profesor Luki Abdul­lah, menyampaikan bahwa saat ALIN digagas, waktu itu Indonesia dianggap mempu­nyai masalah mengenai lo­gistik.

Masalah tersebut antara lain masih kurangnya fasi­litas dan prasarana serta penanganan hewan ternak yang buruk. Ini berdampak pada biaya logistik dan trans­portasi yang tinggi, penuru­nan berat badan yang lebih tinggi, kinerja ternak dan kesejahteraan hewan.

“Faktor ini menyebabkan harga produk yang lebih tinggi bagi konsumen, tetapi juga harga yang lebih rendah untuk produsen, sehingga mengurangi margin mereka,” tutur Luki.

Dia mengatakan, upaya te­lah dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkat­kan rantai pasokan ternak sapi domestik, terutama dari wilayah timur Indonesia ke­pada konsumen. Kapal ternak yang dibangun pertama kali diluncurkan pada Desember 2015 bernama Camara Nu­santara 1 dan kedua, Cama­ra Nusantara 3, diluncurkan pada 2018. Jumlah total akan ditingkatkan menjadi enam unit. Kapal dibangun pemerin­tah Indonesia dan diopera­sikan PT Pelni, perusahaan pelayaran besar domestik.

Kapal ini dirancang untuk memenuhi prinsip kesejah­teraan hewan, sehingga pen­urunan berat badan selama pengangkutan akan dimini­malkan dan kinerja mening­kat. (ay/feb/py)