Jaga Kebersihan Wilayah

by -7 views

METROPOLITAN – Delapan tahun sudah Usup Supardi menjabat lurah Ciluar, Bogor Utara, Kota Bogor. Lurah asal Bumi Pasundan itu kini tengah menggodok program kebersihan di lingkungan yang terdiri dari 51 RT dan sepuluh RW di wilayah seluas 220,2 hektare.

Salah satu solusinya, jelas Usup, yaitu dengan membentuk bank sampah yang saat ini ada di RW 02. ”Biasanya pascahujan banyak sampah yang berserakan. Agar indah dipandang, kami bersama warga turun ke lokasi bebersih lingkungan,” kata lelaki kelahiran 1961 itu.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) 1983 itu melanjutkan, selain bebersih lingkungan, dampaknya dapat langsung dirasakan warga. Jadi selain bersih, lingkungan menjadi sehat. ”Ya ini cikal bakal dari keberadaan bank sampah. Jadi warga yang ingin membuang limbah sampah bisa ke lokasi yang seharusnya. Bahkan bisa menjadi nilai ekonomi lantaran sampah yang dipilah akan dibayar,” jelasnya. Program lain yang digalakkan, sambungnya, membudayakan gotong-royong di lingkungan masyarakat. ”Tujuannya agar kebersamaan tetap terjaga dengan baik,” imbuhnya. (yos/c/yok/run)