KPU Ancam Tunda Pelantikan

by -11 views

METROPOLITAN – Kabar mengejutkan datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi. Mereka dikabarkan mengancam penundaan pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024. Pasalnya, para anggota dewan terpilh sampai saat ini belum semuanya menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara mengingatkan seluruh calon anggota legislatif terpilih untuk segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). “LHKPN wajib di serahkan kepada kami, kalau tidak pelantikannya sebagai anggota dewan ditunda,” kata dia, kemarin.

Menurutnya, hal itu sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum, disebutkan bahwa LHKPN harus diserahkan paling lambat tujuh hari setelah penetapan KPU. “Yang sudah menyerahkan baru 18 orang, sisanya belum, secepatnya harus diserahkan, lebih cepat lebih baik,” ucap dia.

KPU Kota Sukabumi telah menetapkan jumlah kursi partai politik dan calon anggota legislatif terpilih sebanyak 35 orang, untuk periode 2019-2024. Hingga saat ini belum ditetapkan karena masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi menyusul adanya gugatan dari caleg. “Kami harus menunggu dulu putusan MK. Setelah itu baru bisa kita pastikan penetapannya,” imbuhnya.

Kata dia, jika mengacu pada Peraturan MK Nomor 2/2019 dan PKPU 5/2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, maka putusan MK diperkirakan dilaksanakan pada 14 Agustus 2019.

“Kemungkinan penetapan caleg terpilih akan dilakukan sekitar 17 atau 18 Agustus. Karena harus menunggu putusan MK, dan setelah putusan MK ada jeda waktu seminggu karena harus menunggu surat dari KPU RI,” ujar dia.(bu/rez)