Kuncinya, Bertahan dengan Filosofi

by -

METROPOLITAN – Untuk urusan mengandalkan pemain akademi, yang menarik tentu saja Athletic Bilbao. Klub berjuluk Los Leones itu masih memegang teguh filosofi mengisi skuad utama dengan hasil racikan akademinya.

Filosofi yang tertanam di klub asal Basque, sisi utara Spanyol, sejak 1929. Musim ini, ada 15 pemain yang datang dari Lezama, sebutan untuk akademi Bilbao. Sampai-sampai, survei yang dilakukan Mundo Deportivo menyebutkan bahwa 76 persen fans Bilbao lebih rela klubnya terdegradasi dari La Liga untuk kali pertama ketimbang melihat klubnya mengubah kebijakan soal prioritas cantera (sebutan akademi di Spanyol).

’’Tidak ada yang lebih membanggakan di klub ini (Bilbao) selain menampilkan para pemain dari akademi sendiri di setiap pertandingan,’’ ucap bek tengah Bilbao Yeray Alvarez kepada Inside Athletic. Yeray merupakan jebolan Lezama pada 2013. Jebolan Lezama terkondang saat ini adalah bek tengah Manchester City Aymeric Laporte dan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga. Bahkan, Kepa tercatat sebagai kiper termahal dunia saat diboyong The Blues musim panas tahun lalu. (ren/c18/dns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *