Lima Desa Siapkan Pilkades Serentak

by -

RANCABUNGUR – Lima desa di wilayah Kecamatan Rancabungur dipastikan akan ikut meramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang ke­tiga tahun 2019. Camat Rancabun­gur Cecep Imam menjelaskan, po­sisi jabatan kepala desa (kades) di lima desa tersebut telah habis masa baktinya sebelum pelaksanaan Pil­kades dan ada yang habis tepat waktu. ”Kepala Desa Bantarjaya, Cimulang, Candali dan Mekarsari memang sudah habis masa baktinya. Saat ini posisi kades di empat desa tersebut dijabat penjabat kades dari pemerintah kecamatan. Sedang­kan Kepala Desa Bantarsari habis tepat waktu, sehingga saat ini masih dijabat kades terpilih,” katanya.

Saat ini Pemerintah Kecamatan Rancabungur terus memberikan informasi tahapan pilkades kepada semua pihak di jajaran desa mulai dari BPD, LPM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat desa dalam setiap kesempatan. ”Kami memberikan sosialisasi bahwa pelaks­anaan Pilkades memang akan ber­langsung tahun ini. Sekaligus meng­informasikan bahwa tahapannya sedang diproses di tingkat pemerin­tah kabupaten,” Ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pem­berdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Deni Ardiana mengatakan, saat ini tahapan dan jadwal Pilkades gelombang ketiga masih dalam ta­hap pembahasan dan baru dibentuk panitia tingkat kabupaten. ”Tahapan dan jadwalnya masih diproses. Yang sudah pasti adalah tanggal waktu pelaksanaan, yaitu 3 November 2019,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada 273 desa se-Kabupaten Bogor yang akan ikut dalam Pilkades serentak tahun 2019. Dikatakan olehnya, dalam Pilkades tersebut, setiap desa hanya bisa mengikutsertakan 5 orang calon kepala desa (cakades). ”Jika ada lebih dari lima bakal calon kades, maka nanti akan ada tes dan se­leksi yang dilakukan panitia Pilkades bersama pemerintah kecamatan diantaranya tes pemahaman dan tes tertulis,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa syarat yang juga menjadi acuan bagi calon kepala desa. Seperti riwayat pendi­dikan minimum SMP sederajat ter­masuk persamaan, kesehatan, pe­mahaman dan pengalaman di desa dan lainnya. Sedangkan batasan maksimal usia cakades tidak ada dalam persyaratan. ”Yang pasti se­mua persyaratan, tahapan dan jad­wal pelaksanaan Pilkades serentak 2019, nanti akan kami sosialisasikan ke BPD dan masyarakat, setelah ada penetapannya,” pungkasnya. (khr/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *