Merasa Dicueki Pemkab, Dua Tahun Jalan Dibiarkan Rusak

by -14 views

Kesal tak kunjung ada perbaikan dan pemeliharaan jalan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, warga Kampung Parigi, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, kerja bakti memperbaiki jalan. Perbaikan jalan dan saluran air dilakukan warga secara permanen mengunakan batu, pasir dan semen.

WARGA sekitar, Bawing (35) me­rasa prihatin status jalan kabupaten yang menghubungkan beberapa desa tak kunjung diperbaiki pemkab Bogor. Padahal, sudah banyak ken­daraan yang melintasi jalan ini men­jadi korban kecelakaan. ”Padahal anggaran dari APBD itu jelas untuk meningkatkan perbaikan Jalan, tapi jalan rusak diabaikan hingga berta­hun- tahun,” ujar Bawing.

Warga lainnya, Dede (30) mengata­kan, selain jalannya rusak, drainasen juga tidak berfungsi. Saat hujan turun, jalan Sukajaya mirip kubangan kerbau. ”Jalan rusak sudah hampir dua tahun tak kunjung diperbaiki. Padahal jalan tersebut merupakan akses menuju desa wisata adat yang ada di Keca­matan Sukajaya,” bebernya.

Terpisah, Pengamat UPT PUPR Wi­layah VI Cigudeg, Sumantri menga­takan, pihaknya sudah survei jalan dan drainase yang rusak. Bahkan sudah mengajukan kepada Dinas PUPR Kabupaten Bogor agar ada pembangu­nan. Namun, sampai saat ini dari pihak UPT Dinas PUPR Cigudeg tidak ada perintah dari pimpinan untuk melakukan pemeliharaan atau per­baikan. ”Saya berharap kepada pe­mangku kebijakan untuk merealisa­sikan pengajuan yang telah dilaporkan terkait hasil survei bersama Bappeda terkait pengajuan pembangunan ja­lan kabupaten yang rusak berat di wilayah Kecamatan Sukajaya,” tukas­nya. (ads/b/els)