Metamorfosis Ingin Perempuan Terlibat dalam Program Desa

by -40 views

BOJONGGEDE – Komunitas penggiat emansipasi perempuan bernama Metamorphosis terus mendorong keterlibatan kaum perempuan dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan desa. Salah satu bentuk realisasi kegiatan tersebut adalah memfasilitasi penyerahan usulan warga Desa Cimanggis, Waringinjaya, Bojongbaru, Susukan dan Desa Bojonggede yang prosesi penyerahannya dilakukan di Kampung KB Jayamekar Desa Cimanggis. “Usulan warga yang diserahkan ke pemerintah desa itu terutama terkait soal perempuan, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi. Jadi usulan tersebut berdasarkan pemetaan partisipatif warga terutama kaum perempuan,” ungkap Direktur Metamorfosis Sofia.

Dengan adanya penyerahan usulan warga tersebut diharapkan pemdes dapat mengakomodirnya baik dalam RKPDes, APBDes maupun Perdes. Selain itu, mendorong untuk dilibatkannya kaum perempuan dalam musyawarah program pembangunan desa. “Semua ini berangkat dari masalah perempuan seperti mengalami KDRT, pernikahan dini, nikah siri dan sebagainya,” kata wanita yang juga sebagai ketua Relawan Kesehatan Masyarakat (Rekam) ini.

Sofia menambahkan, potensi yang dimiliki kaum perempuan sebenarnya sangat banyak. Apalagi hal tersebut ditunjang dengan adanya berbagai komunitas dan wadah kegiatan kaum perempuan. Dia mencontohkan, di Desa Cimanggis juga sudah terbentuk relawan paralegal dan posko paralegal yang menjembatani edukasi sosial dan hukum bagiasyarakat terutama kaum perempuan. “Artinya ada beberapa solusi yang bisa dikerjakan, misalnya meningkatkan training paralegal dan menambah peserta serta jejaring paralegal di semua desa serta pengawalan dan penanganan usulan kaum perempuan yang telah dimasukkan,” pungkasnya. (khr/b/els)

Loading...