MPLS MAN 2 Tawarkan Siswa Jadi Dai Kondang

by -15 views

METROPOLITAN – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari terakhir di Madarasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bogor, memang agak berbeda dengan sekolah sekolah lainnya. Salah satu kegiatan MPLS di MAN 2 Kota Bogor itu, adalah kegiatan seni islam yang tergabung dalam ekstrakurikuler Sun3, yang menawarkan siswa siswi baru untuk menjadi da’i kondang.

Menurut Ketua ekstrakurikuler Sun3, Ridwan, Sun3 (Santri-red) merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler MAN 2 Kota Bogor, yang bergerak di bidang keagamaan. Menurutnya, kegiatan Sun3 ini sudah banyak melakukan kajian keislaman, berupa kajian kitab kuning, penulisan kaligrafi, kajian tahfidz Quran, belajar tilawah serta latihan pidato atau ceramah yang dikhususkan bagi mereka yang berkeiginan untuk menjadi da’i. “Sun3 MAN 2 Kota Bogor, sudah banyak mencetak da’i muda yang handal dan profesional. Banyak juga da’i yang kini sudah popular di masyarakat dihasilkan  dari kegiatan ekstrakurikuler Sun3 MAN 2 ini,”ungkap Ridwan. Menurutnya, para da’i muda ini sering  mendapat panggilan untuk mengisi acara ceramah, baik di kampus ataupun di masyarakat. Salah satunya adalah da’i, Rifky Fauzan yang kini duduk di kelas 12 agama. “Sekarang ini dia menanjak populer. Sering mendapat panggilan ceramah, sekarang sedang menanjak populer” kata Ridwan

Ridwan menceritakan dipilihya ekstrakurikuler dengan sebutan Sun3, karena memiliki beberapa filosofi. “Pertama, Sun artinya Matahari dan 3 (Three) adalah 3, sehingga,  kata Sun3 memiliki arti 3 matahari, yakni Iman, Islam dan Ichsan” jelas nya. Selain ektrakurikuler dakwah, ekstrakurikuler keislaman lainya yang ditampilkan di MAN 2 Kota Bogor adalah Asosiasi Seni Islam MAN 2 atau ASIMA. Menurut Aliya Safrida,  salah seorang pengurus ASIMA, kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan dakwah seni islam yang disampaikan melalui syair dan alunan lagu dengan iringan musik. “Jadi dakwah yang kita sampaikan melalui  alunan lagu itu, akan cepat dapat tercerna oleh para pendengarnya terutama para generasi muda” kata Aliya.

Beberapa  kegiatan ASIMA  di antaranya program latihan Nasyid, latihan Marawis, latihan Qidroh  serta latihan Tilawah. “Alhamdulilah,  kami juga cukup berbangga diri, karena Marawis dan Qidroh  MAN 2 Kota Bogor ini,  pernah tampil di Istana,  menyambut kedatangan tamu Negara,  Sultan Brunai Darusalam, bersama presiden Joko Widodo” tuturnya. (ber/ar/feb)