MSJ Bongkar Sisa Tiang Penyangga Tol BORR yang Ambruk

by -46 views

METROPOLITAN.id – Sehari setelah ambruknya coran tiang penyangga Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), pihak PT Marga Sarana Jabar (MSJ) fokus membongkar sisa tiang penyangga yang masih menggantung. Akibatnya, jalur dari Salabenda menuju Yasmin masih ditutup.

“Jadi hari ini kami sedang melakukan pembongkaran dari sisa pear head (balok penyangga) yang belum dipotong. Hari ini kita akan melakukan sampai di dapat memotong semua yang masih tetsisa di atas,” kata Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo.

Menurutnya, pemotongan ditargetkan akan selesai besok, Jumat (12/7) agar dua jalur di Jalan Soleh Iskandar bisa digunakan normal kembali.

“Targetnya besok bisa dua jalur untuk trafiic,” terang Hendro.

Menurutnya, pembongkaran tiang yang ambruk menunggu setting betonnya kering. Sehingga saat dibongkar tidak bahaya.

“Kita akan bongkar yang sebelah tapi menunggu setting betonnya tiga hari. Kan kemarin masih basah. Kita setting tiga hari supaya kita membongkar nya tidak bahaya, sisi lain kita menambah tiang agar tidak runtuh lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Hendro mengaku pembukaan jalur usai ambruknya coran Tol BORR masih terbatas karena masih terdapat banyak rintangan. Pembukaan jalur Semplak – Simpang Yasmin kemungkinan baru bisa dibuka Jumat depan. Musababnya, petugas perlu membuka terlebih dulu coran tiang yang ada di atas jalur tersebut.

“Kami perkirakan sekitar hari Jumat siang bisa diupayakan dibuka dua lajur. Karena yang di sana (coran di sebelah yang ambruk, red) mesti dibuka dulu. Karena kalau tidak dibongkar justru bahaya,” terangnya.

Untuk proses pembangunan sendiri, Hendro memastikan dihentikan total sementara waktu. Pembangunan baru akan dilanjut setelah Kementrian PU memperbolehkan dilanjut kembali.

“Pekerjaan dihentikan sampai nanti diperbolehkan oleh Kemetrian PU. Sementara disetop semua dari Yasmin sampai Semplak sambil evaluasi cetakan dan lain-lain. Kalau perlu diganti dan diperkuat lagi,” pungkasnya. (fin)