Mulan Jameela Gugat Partai Gerindra

by -18 views

METROPOLITAN – Artis Mu­lan Jameela bersama 13 kader Gerindra mengajukan gugatan perdata kepada Dewan Pim­pinan Pusat Gerindra dan De­wan Pembina Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subi­anto.

Gugatan itu dimasukkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Se­latan terkait penetapan calon anggota legislatif terpilih. “Ya kami menerima gugatan dari sejumlah kader Partai Gerindra,” kata Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Achmad Guntur, di kantornya, Selasa (16/7). Guntur menyebutkan tergugat merupakan sejumlah caleg Partai Gerindra. Mereka adalah Rahayu Saraswati Djod­johadikusumo (keponakan Prabowo Subianto), R Wulan­sari atau Mulan Jameela, Se­palga, Nuraia, Patjo Prayogo, Adnani Taufiq, Adam Muhamad, Prasetyo Hadi, Siti Jamillah, Sugiono, Katherine, Cluadia Yuniarta, Bernas Yunirta dan Irene.

Dalam gugatannya, penggu­gat meminta tergugat menya­takan para penggugat sebagai anggota legislatif lantaran par­tai berhak menyatakannya. “Intinya meminta penggugat dijadikan anggota legislatif,” kata Guntur. Menurut Guntur, objek yang digugat merupakan kebijakan yang bisa mengaju­kan caleg yang terpilih ke Se­nayan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 15 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik bahwa partai politik mempunyai hak dalam menentukan kebijakan serta hak memilih dan dipilih.

Selain Partai Gerindra, tutur Guntur, turut tergugat adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Persidangan sudah dimulai dari akhir pekan lalu dengan agenda pembacaan gugatan. Persidangan gugatan para ca­leg Gerindra, termasuk Mulan Jameela, itu akan dilanjutkan pada Rabu, 17 Juli 2019, dengan agenda replik. “Besok (hari ini, red) sidang lanjutannya,” kata Guntur.

Selain Saras dan Mulan Ja­meela, 12 kader lain yang meng­gugat adalah Seppalga, Nu­raina, Pontjo Prayogo SP, Ad­nani Taufiq, Adam Muhamad, Prasetyo Hadi, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, Li Claudia Chandra, Bernas Yuni­arta dan dokter Irene.

Sidang lanjutan gugatan ter­sebut rencananya akan digelar hari ini. Namun, Saras baru-baru ini menegaskan sedang me­narik gugatannya itu. Ia bera­lasan tidak pernah menyepa­kati atau mengetahui soal gugatan itu. “Jadi sudah di­minta untuk ditarik,” kata Saras.

Menanggapi hal tersebut, Ke­tua DPP Partai Gerindra Habi­burokhman menjelaskan gu­gatan tersebut masih dalam proses mediasi. “Saya dengar sekarang prosesnya masih me­diasi. Berarti ada waktu kedua belah pihak untuk berbicara duduk persoalannya,” kata Ha­biburokhman saat dikonfir­masi.Gugatan perdata itu di­ajukan 14 caleg Gerindra dengan nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Sidang kedua yakni pembacaan ter­kait gugatan akan digelar pada Rabu (17/7). (tem/mam/run)