Olah Sagu Jadi Hal Utama

by -

METROPOLITAN – Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bo­gor, merupakan wilayah perdesaan yang sangat dekat dengan perkotaan. Saat ini, penghasilan warga sekitar lebih membidik hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) olahan sagu berbahan dasar singkong.

Bahkan usaha tersebut sudah ada sejak puluhan tahun silam dan terus bertahan berkat kualitas yang terus dijaga. Alhasil, predikat UMKM ter­baik tingkat nasional pun berhasil diraih dan sukses membawa nama baik Bumi Tegar Beriman.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Desa Cijujung Sutiman. Menurutnya, dengan kondisi wilayah yang sudah rapat dengan permukiman pendu­duk, tidak memungkinkan warga memiliki lahan pertanian.

Kendati demikian, lanjutnya, ma­sih banyak warga yang berpengha­silan dari olahan sagu. “Jadi sistem­nya digiling dan diolah untuk diki­rim ke pabrik tapioka. Alhamdulil­lah omzetnya cukup besar. Tapi hasil yang didapatkan tergantung cuaca setiap hari. Sebab, hasil giling­an singkong harus dijemur,” papar­nya.

Pusat olahan UMKM produksi sagu itu beralamat di Kampung Je­mbatan, RW 06. “Saya harap usaha yang dijaga turun-temurun ini terus dikembangkan di tahun-tahun men­datang,” pungkasnya. (yos/c/yok/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *