Pakai Air Irigasi Penuhi Kebutuhan

by -38 views

SUKABUMI – Ribuan warga Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Suka­bumi, menempuh jarak ratusan meter demi memenuhi kebutuhan air bersih.

Kepala Desa Cibolang, Kecamatan Gunung­guruh, Pepen Supendi, mengata­kan bahwa ada 519 Kepala Kelu­arga (KK) dengan 1.625 jiwa yang terdampak kekeringan. Di antaranya tersebar di Kampung Cipicung, Legoknyenang, Pasirbadak dan Gandasoli. ”Ya karena dampak keke­ringan ini warga harus me­nempuh jarak hingga ratusan meter untuk memenuhi ke­butuhan air bersih,” tuturnya, Senin (8/7).

Menurutnya, untuk me­menuhi kebutuhan air bersih, pihaknya terpaksa mengan­dalkan air irigasi yang terda­pat di Desa Cipicung. Sebab, di sana terdapat penampung­an air irigasi perkebunan yang bisa dimanfaatkan airnya. ”Ya karena di Desa Cipicung itu hanya tiga RW saja yang men­galami kekeringan. Maka dari tiga kampung lainnya mengambil air dari irigasi Cipicung,” paparnya.

Sementara itu, Camat Gunung­guruh, Kabupaten Sukabumi, Erry Erstanto, mengatakan bahwa Desa Cibolang berpo­tensi mengalami krisis air ber­sih. Bahkan hampir setiap tahun beberapa wilayah di desa ter­sebut mengalami kekeringan. ”Ya memang tiap tahun pasti terkena dampak kekeringan,” ungkapnya.

Namun, Eris mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi. ”Kita sudah terima laporan dari Desa Cibolang. Kita juga sudah berkoordi­nasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi untuk menanggu­langi air bersih,” tutupnya. (dna/ade/feb/run)