Pembukaan Jalan Belum Jelas, Tunggu Evakuasi Reruntuhan Coran Tol BORR

by -56 views

METROPOLITAN.id – Usai ambruknya coran beton pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A, Jalan Soleh Iskandar mulai dari Simpang Yasmin – Simpang Semplak ditutup. Belum jelas kapan jalan utama tersebut dibuka kembali karena petugas masih menunggu proses evakuasi yang dilakukan PT Marga Sarana Jabar (MSJ).

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Theofillio Francino Freitas mengatakan, penutupan sangat bergantung pada pekerjaan evakuasi yang dilakukan PT MSJ melalui PT. PP dalam membersihkan beton cair yang tumpah ke jalanan.

“Kita bergantung mereka. Ketika mereka putuskan bisa dilintasi, baru kita buka. Kita berharap hari ini beres, jam berapa pun,” kata Theo.

Sebab, rekayasa lalu lintas pun terbatas. Arus lalu lintas buangan sangat berat. Jalur roda empat yang bisa dilintasi hanya jalur Yasmin – Simpang Mcd -Semplak Atang Sanjaya.

“Alhasil, jalur arteri pun terganggu. Efeknya kemana-mana. Yang memungkinkan lewat ATS saja. Dari persinggungan Yasmin atau Semplak, sudah kita rekayasa dan arahkan pengemudi,” ucap Theo.

Saking repotnya, Dishub Kota Bogor menambah jumlah personil menjadi 30 orang yang ditempatkan di berbagai persinggungan lalu lintas.

“Kalau nggak gitu mah makin berat. Nambah personil juga berat. Kita harap hari ini tuntas lah, bisa dilintasi,” tandasnya.

Kejadian ambruknya coran Tol BORR terjadi sekitar pukul 05.15 WIB. Saat itu tengah dilakukan pengecoran beton di lokasi Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak arah menuju Parung tepatnya di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor.

Saat proses pengecoran beton berjalan, balok penyangga tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh. (ryn/b/fin)