Pemkab Bogor Fokus Bangun Cibinong Raya

by -

METROPOLITAN – Seolah tak ingin larut dengan urusan Daerah Otonomi Baru (DOB) atau isu pencaplokan wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor fokus mengembang­kan Cibinong Raya. Salah satunya Desa Susukan di Ke­camatan Bojonggede, yang bakal disulap jadi kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabo­detabek (BPTJ) Edi Nursalam mengatakan, Susu­kan adalah lokasi yang dipilih untuk pengembangan TOD. Selain ada Stasiun Bo­jonggede, Desa Susukan juga ujung dari jalan Tol Antasari- Depok. “Nanti kita bangun shelter di situ, kemudian itu bisa bangun terminal tipe A,” katanya.

Hadirnya TOD di wilayah Bojonggede nantinya akan berdampak besar dari sisi ekonomi karena akan mem­buat kelancaran pengguna angkutan umum. Dengan APBN dan APBD yang terba­tas, nantinya pembangunan TOD akan dibebankan ke­pada investor atau pihak swasta yang ingin bekerja sama.

Untuk diketahui, peng­embangan kawasan Cibinong Raya sudah dimulai sejak Ka­bupaten Bogor dipimpin Rach­mat Yasin (RY), 2011 lalu. Ia ingin kawasan Cibinong Raya menjadi kota metropolitan sebagai penyangga Ibu Kota Jakarta. Gagasannya untuk menyetarakan Cibinong Raya dengan kota-kota lain di In­donesia diawali dengan peng­embangan kawasan bisnis (CBD) lewat munculnya Cibi­nong City Center di gerbang Jalan Raya Tegar Beriman, Kelurahan Pakansari, Keca­matan Cibinong. (cr2/b/els/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *