Pengacara Sebut Selalu Ada Hambatan Saat Habib Rizieq Akan Kembali ke Indonesia

by -160 views

METROPOLITAN.id – Pengacara Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro menyebut kliennya sudah ingin kembali ke Indonesia. Menurutnya, sebelum izin tinggal Habib Rizieq di Arab Saudi berakhir, dirinya sudah berniat kembali ke tanah air.

Akan tetapi, Sugito menyebut selalu menemui hambatan untuk kembali ke Indonesia. Tak hanya itu, Habib Rizieq sulit pergi dari Arab Saudi untuk menyelesaikan disertasinya di Malaysia.

“Jauh-jauh hari (ingin ke Indonesia, red). Untuk sidang Habib saja, menyelesaikan sidang disertasi ke Malaysia, itu tidak bisa. Sampai sekarang tidak bisa,” kata Sugito.

Menurutnya, Habib Rizieq pernah mengajukan keluar dari Arab Saudi ke Malaysia untuk menyelesaikan disertasinya pada 17 Juli 2018. Permintaan itu diajukan sebelum izin tinggal Rizieq berakhir pada 20 Juli 2018.

“Beliau overstay 20 Juli 2018, sebelum itu sudah mencoba untuk keluar Saudi tiga kali, tapi tidak bisa, setelah itu baru overstay. Seingat saya mau sidang tertutup di Malaya University tanggal 17 Juli, sebelum overstay,” terangnya.

Sugito pun menyampaikan rasa heran dengan narasi pihak tertentu yang menyebut kliennya mendapatkan persoalan overstay di Arab Saudi. Sebab, izin tinggal Rizieq sudah berakhir sejak 20 Juli 2018 tetapi narasi overstay kembali dibangkitkan.

Dirinya menjelaskan, pihak Habib Rizieq selalu berupaya memperpanjang izin tinggal. Namun, keinginan itu terganjal karena Rizieq tidak bisa keluar Arab Saudi untuk sekadar mengurus izin.

“Overstay sebenarnya sudah lama. Itu bukan keinginan Habib Rizieq. Kan Habib mau keluar tidak bisa karena permintaan pihak tertentu di Indonesia,” tandas Sugito. (jpnn/fin)