Penjambret Sukabumi Gondol Duit Rp200 Juta

by -269 views

METROPOLITAN – Kasus penjambretan menimpa Titin Ruhyati (65). Sepulangnya dari BRI Cabang Kota Suka­bumi, korban dibuntuti pela­ku yang mengendarai sepeda motor.

Insiden tersebut berlangs­ung di Jalan Sriwijaya, Kota Sukabumi, Kamis (11/7) sekitar pukul 14:30 WIB. Saat kejadian, Titin tengah dibon­ceng anaknya, Heri Raka­siwi (46).

Menurut Heri, uang itu ren­cananya digunakan untuk merenovasi rumah sang ibu. “Itu uang Rp200 juta simpanan dari penjualan tol (pada 2018, red). Kalau benar-benar butuh, baru ambil. Begitu sudah di­tarik, uang itu dimasukkan tas ransel lalu disimpan ke pengait depan Vespa,” katanya.

Sekitar 700 meter dari BRI, Heri niat belok ke Jalan Sri­wijaya. Tiba-tiba muncul komplotan penjambret yang mencoba merebut tas berisi uang. Pelaku pertama gagal, tidak lama muncul pelaku kedua.

“Dua motor berboncengan, yang pertama mepet tapi ng­gak berhasil ambil tas. Lalu datang lagi motor kedua juga datang dari arah belakang, sepertinya tali tas ransel pu­tus karena ditarik paksa,” ucap Heri.

Heri sempat mengejar alap-alap tersebut hingga perem­patan kawasan Degung. Ia lalu menghampiri Pos Lalu Lintas dengan harapan ada polisi yang berjaga di tempat itu. “Ternyata kosong, akhir­nya saya melaporkan keja­dian itu ke Polres Sukabumi Kota,” ujar Heri.

Ujang, seorang pekerja beng­kel di sekitar lokasi kejadian, mengungkapkan aksi penjam­bretan itu berlangsung sing­kat. Ada dua motor yang pelakunya menggunakan helm tertutup.

“Motor pertama mepet, tapi nggak berhasil ngambil. Dari arah belakang muncul lagi motor lainnya, narik tas lalu ngebut ke arah Cisaat,” tutur Ujang.

Dihubungi terpisah, Kapol­res Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo membe­narkan peristiwa tersebut. Saat ini anggotanya tengah meny­elidiki kasus tersebut.

“Kita masih memeriksa saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut, termasuk keterangan korban. Semua bukti penunjang sedang di­kumpulkan,” kata Susatyo. (de/feb/run)