PGH Ngarep Tambahan Kuota CPNS Bagi Guru Honorer

by -91 views

DRAMAGA – Persatuan Guru Honor (PGH) Kabupaten Bogor mendesak Bupati Bogor Ade Yasin dan calon Ke­pala Dinas Pendidikan (Kadisdik) menambah kuota CPNS bagi guru honor. PGH mencatat jumlah guru honerer di Kabupaten Bogor ada 12 ribu. Yang sudah masuk ke kategori 2 (K2) sebanyak 2.000. Dari jumlah itu, baru 1.200 guru yang statusnya me­ningkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Saya menaruh harapan besar kepada bu­pati baru agar mendorong kepada presiden untuk menambah kuota CPNS bagi guru honor dari 2 ribu men­jadi 5 ribu,” ujar Ketua PGH Kabupaten Bogor Halim Sahabudin usia menge­lar acara halal bihalal PGH di Dra­maga.

Menurut Halim, bukan hanya penam­bahan kuota CPNS, tapi kesejahtraan guru honor pun tingkat SD, SMP dan SMA lebih ditingkatkan. Karena, sejauh ini kondisi hanya pada pengabdian namun kesejahteraannya terabaikan. ”Untuk pemberian gaji saja ada yang Rp600, Rp300 ribu bahkan Rp200 ribu untuk tingkat SD dan SMP. Bagimana peningkatan mutu pendidikan lebih baik sedangkan gaji saja tak mencukupi,”katanya. Halim menambahkan, menjadi seorang guru harus cerdas dalam hal penghargaan maupun keah­lian lain di berbagai bidang. ”Selama ini untuk mendapatkan gaji saja harus menunggu tiga bulan, itupun hanya mengandalkan dana BOS,” cetusnya

Sementara itu, pengurus PGH Ka­bupaten, Ruhiyat Sujana menuturkan, guru merupakan komponen pendidi­kan dan harus di petaka oleh Pemkab Bogor agar kualitas pendidikan bisa berbanding lurus. Sehingga bupati baru, kadisdik baru harus segera mela­kukan terobosan terkait kesejahteraan nasib guru honorer. ”Kita berharap bupati baru dan kadisdik yang nanti terpilih nanti mampu mendongkrak terkait pendapatan penganggaran guru honorer melalui APBD maupun CSR. Jangan harap pendidikannya bisa bagus kalau masih banyak guru honor,” tukasnya. (ads/b/els)