Puskesmas Leuwiliang Yakin Lolos Akreditasi Paripurna

by -20 views

LEUWILIANG – Puskesmas Leuwili­ang disambangi Tim Survei Kemente­rian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk penilaian akreditasi paripurna, kema­rin. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabu­paten Bogor, Burhanudin, mengatakan, kedatangan Tim Survei Kemenkes RI ke Puskesmas Leuwiliang ini dalam hal pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyara­kat. Jika dilihat dari capaian yang diraih Puskesmas Leuwiliang dan dukungan masyarakat untuk akreditasi paripurna bisa tercapai.

Tak hanya itu, Pemkab Bogor juga tengah memprioritaskan pembangu­nan di bidang kesehatan lewat program Pancakarsa, salah satunya Bogor Se­hat. ”Ini juga salah satunya upaya pemkab dalam mempersiapkan pe­mekaran Bogor Barat. Ketika Bogor Barat, Kabupaten Bogor, dimekarkan, maka puskesmas sudah akreditasi paripurna,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Kesehatan Leuwiliang, Dian Nurdiani, menjelas­kan, sebelumnya Puskesmas Leuwiliang sudah terakreditasi Madya, Utama dan puncaknya menuju akreditasi Pari­purna. Untuk akreditasi Paripurna, melewati proses evaluasi tiga tahun. Sedangkan predikat paripurna dida­sarkan pada sejumlah aspek penilaian meliputi administrasi dan manajemen, upaya kesehatan perorangan serta upaya kesehatan masyarakat. ”Ada dua pus­kesmas di Kabupaten Bogor yang akan menuju akreditasi paripurna yakni Puskesmas Leuwiliang dan Puskesmas Jonggol,” katanya.

Dian menambahkan, penilaian dila­kukan tiga hari. Ia optimis Puskesmas Leuwiliang lewat kerja sama semua elemen dan pelayanan yang berwa­wasan dan inovatif. ”Hasilnya sekitar tiga bulan karena yang memutuskan komisi khusus akreditasi dari pusat,” tukasnya. (ads/b/els/py)