Ramai Isu Kota Bogor Minta 6 Kecamatan di Kabupaten Bogor, Wabup: Pelajari Dulu Tata Bernegara

by -
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan

METROPOLITAN.id – Isu soal Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang meminta enam kecamatan di Kabupaten Bogor untuk pemekaran wilayah menjadi pembicaraan hangat bahkan cenderung memanas. Wakil Bupati Bogor Iwan setiawan ikut angkat bicara. Menurutnya, hingga saat ini belum ada komunikasi antara pimpinan daerah soal isu yang terlanjur berkembang di masyarakat tersebut.

“Saya apresiasi semangatnya kok, mungkin beliau sudah cukup memimpin masyarakat kota ini dengan bagus, sehingga perlu perluasan bagaimana pelayanan kepada masyarakat Kabupaten. Jadi kita apresiasi untuk pengabdian kepada masyarakat yang lebih banyak lagi,” kata Iwan saat acara Bogor Keliling (Boling) di Hotel Grand Mulya Gumati, Kecamatan Sukaraja, Rabu (17/7).

Selain itu, politisi Gerindra ini memberikan beberapa catatan. Menurutnya, peraturan harus tetap dipegang teguh dalam proses yang akan dilakukan oleh Pemkot Bogor. Sebab, proses untuk melepas sebuah aset sangat tidak mudah dan perlu mendapat persetujuan dewan sebagai wakil rakyat.

“Nah ini juga mungkin beliau lebih tahu bagaimana prosedur melepas aset itu, beliau juga kan pemimpin di Kota,” ungkapnya.

Iwan pun mengingatkan bahwa ada etika yang harus dibangun melalui pembicaraan antar pemimpin daerah terkait dengan masalah ini.

“Jadi ya dipelajari aja tata bernegara,” ujar Iwan.

Sebelumnya, isu Pemkot Bogor ingin ‘mencaplok’ sejumlah wilayah di enam kecamatan Kabupaten Bogor untuk perluasan wilayah menjadi pembicaraan serius. Namun, Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku isu yang beredar tersebut merupakan hoaks.

“Tidak ada lokasi yang Pemkot Bogor minta, itu hoax, enam kecamatan dari mana, kajiannya saja belum ada. Saya ralat dan saya protes adanya pemberitaan itu, karena belum ada kajian,” kata Bima.

Menurutnya, saat ini kajiannya baru untuk memperluas wilayah, bukan pemekaran wilayah. Bima mengaku rencana perluasan wilayah Kota Bogor dengan mengambil beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor masih wacana.

“Saya tidak tahu itu enam kecamatan datanya dari mana. Seperti yang ramai diberitakan di media, sekali lagi saya ralat pemberitaan tersebut,” (cr2/akr/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *