Ruang UKS dan Perpustakaan SD di Bogor Nyampur Bareng WC dan Dapur

by -22 views
Ruang UKS dan perpustakaan di SDN Bojongrangkas 02, Ciampea, menyatu dengan dapur dan wc.

METROPOLITAN.id – Kondisi ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan perpustakaan SD Negeri Bojongrangkas 02 di Kecamatan Ciampea cukup memperihatinkan. Musababnya, dua ruangan tersebut harus bercampur dalam satu ruangan bersama dapur dan wc.

Sebelumnya, ruangan tersebut digunakan untuk ruangan kepala sekolah. Namun, karena UKS dan perpustakaan tidak memiliki ruang terpaksa ruang tersebut ditempatkan di situ. Selain untuk UKS dan perpustakaan, ruangan seluas 3×3 meter itu juga digunakan untuk dapur dan wc.

Penjaga sekolah, Toto Suryoto mengaku kebedaradaan WC dan dapur yang dijadikan satu ruangan dengan UKS dan perpustakaan sangat menganggu aktivitas siswa dan guru yang dating ke perpustakaan untuk membaca.

“Mau gimana lagi, tidak ada lagi lahan. Ruangannya memang kumuh, pihak sekolah sih berharap agar ruangan UKS dipisah,” ungkap Toto.

Sementara itu, salah seorang guru SD Negeri Bojongrangkas, Neni Sumartini mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Selain bau, ruang UKS dan perpustakaan itu berantakan karena tak ada lagi tempat.

“Saya berharap agar dapat perhatian dari pemerrintah. Idealnya UKS dan perpustakaan itu harus dipisah, ini kan cuma satu ruangan,” kata Neni.

Menurutnya, jumlah murid SDN Bojongrangkas mencapai 300 peserta didik. Mereka menempati 5 ruangan sekolah dan satu ruangan digunakan untuk UKS dan perpustakaan yang digabung dengan UKS dan dapur.

“Untuk para murid itu dibedakan kalau wc-nya, hanya saja untuk guru satu ruangan dengan UKS dan perpustakaan. Saat ini guru PNS empat dan sembilan honorer,” tandasnya. (mul/b/fin)