Rumah Warga Rusak-rusak

by -

METROPOLITAN – Empat unit rumah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilaporkan rusak akibat gempa bermagnitudo 5,2 yang berpusat di wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (28/7) pukul 21:25 WIB.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan dua rumah rusak di Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan.

Keduanya yaitu rumah milik Surta di Kampung Pameungpeuk, RT 01/02, dengan kategori rusak ringan dan rumah milik Iyam di Kampung Pasirhaut, RT 07/03, dengan kategori rusak berat.

Rupanya sudah dua kali rumah Iyam kena dampak gempa. Tahun lalu, rumahnya juga kena dampak gempa. Kini Mariyam, suaminya dan tiga anaknya terpaksa tinggal di dapur untuk sementara.

“Kena gempa semalam, jadi puing-puing jatuh lagi. Ini rumah dua kali kena gempa. Tahun lalu juga sama, malah hampir ketimpa lemari. Sekarang tinggal di dapur dulu karena rumah rusak parah,” tutur Mariyam.

Sedangkan dua rumah lainnya yakni di Kampung Cipatuguran, RT 02/06, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, dengan kategori rusak ringan. Selain itu juga rumah milik Madropi di Kampung Pamukiman, RT 02/09, Desa Gunungtanjung, Kecamatan Cisolok, juga rusak ringan.

“Kami menerima laporan adanya rumah rusak dampak gempa hingga Senin siang ini sebanyak empat unit,” kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman.

Ia mengaku pihaknya akan melakukan pengecekan ke lokasi yang bekerja sama dengan aparat desa dan kecamatan masing-masing. Pengecekan itu untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kami akan melakukan assessment ke lokasi dengan membagi tim. Hasilnya nanti kami sampaikan lagi,” ujarnya.

Warga di Sukabumi, Jawa Barat, merasakan getaran gempa cukup besar yang berlangsung beberapa detik, pada Minggu (28/7) sekitar pukul 21:25 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan magnitudo 5,2 berlokasi 7.42 lintang selatan, 106,03 bujur timur. Sekitar 59 kilometer barat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (kps/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *