Senang Bisa Diskusi Bareng Warga

by -15 views

Asep Horis, seorang Kaur Perencanaan di Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Pria yang akrab disapa Jois Angkawijaya itu sudah bekerja dua tahun di Pemerintahan Desa (Pemdes) Cipinang. Lantas seperti apa perjalanan kariernya? Berikut wawancara Harian Metropolitan bersama ayah lima anak itu:

Sejak kapan Anda menjadi Kaur Pe­rencanaan Desa Cipinang?

Sejak 2017, sesudah pelantikan ke­pala desa Mei lalu. Alhamdu­lillah saya diberi amanah membantu peran serta Pemerintah Desa (Pemdes) Cipinang.

Apa yang melatarbela­kangi Anda m e n j a d i Kaur Peren­canaan?

Saya ingin mengabdikan diri pada pe­layanan masyara­kat Desa Cipinang. Hal itu agar lebih leluasa memprogramkan rencana desa ke depan, se­hingga bisa merangkum dari ting­kat RT, RW dan kadus mengenai usulan. Dalam usulan itu dituangkan dalam RPJM­DES dan RKP Tahunan. Sejatinya ke depan terprogram apa yang menjadi usulan warga.

Rencana apa yang digagas saat ini?

Saat ini yang sedang digagas adalah bidang infrastruktur jalan desa, lingkungan dan gang di setiap RW Desa Cipinang. Mana yang menjadi skala prioritas dan prioritas. Selain itu, pemdes juga terus meningkat­kan sarana dan prasarana pendidikan, khususnya sekolah kelas jauh SDN Cipinang 03. Sebab, SDM di Desa Cipinang harus berkualitas.

Adakah suka-duka selama menjadi pelayan masyarakat?

Yang namanya suka duka pasti ada, namun kita nikmati sepenuh hati. Untuk sukanya, ba­nyak masyarakat yang antusias memper­tanyakan program yang sudah ma­suk Musyawa­rah Dusun (Mu s d u s ) atau Musya­warah Desa (Musdes).

Alhamdulil­lah, masyara­kat langsung bertatap muka dengan saya selaku perenca­naan. Saya pun bah­kan bisa menerangkan kepada masyarakat mana yang sudah direalisasikan mana yang belum. Tujuannya supaya masyara­kat bisa memahami apa yang saya sam­paikan. Alhamdulillah, sebagian masyara­kat mengapresiasi kinerja Desa Cipinang, salah satu contohnya tempat peribadatan dan sekolah.

Harapan Anda ke depan seperti apa?

Saya berharap semoga aparatur desa dari tingkat RT sampai kepala desa bisa bersinergi demi tercapainya pembangunan di setiap bidang. Sebab, masyarakat harus berperan penting mengawal laju pemerin­tahan Desa Cipinang yang lebih baik. Se­hingga masyarakat bisa merasakan pe­merintahan yang bersih, jujur, adil dan amanah. (mul/c/rez/py)