Siswa Baru SMPN 1 Dapat Materi dari KPK dan KPAI

by -15 views

METROPOLITAN – Masa Pengenalan Lingkungan Seko­lah (MPLS) di SMP Negeri 1 Kota Bogor memang agak ber­beda dengan sekolah lainnya. Pelaksanaan MPLS di SMP Negeri 1 Kota Bogor ternyata diisi dengan penyajian materi lain di luar materi yang sudah diprogramkan Dinas Pendidi­kan (Disdik) Kota Bogor.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor, Sri Sugiarti, menjelaskan, hari pertama MPLS di SMP Negeri 1 Kota Bogor pihaknya kedatangan pemateri dari luar. Di antaranya komisioner Ko­misi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan komisioner dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). “Ada Bu Ha­nia Rahma, komisioner KPK yang memberikan materi Pen­didikan Antikorupsi serta Ko­misioner dari KPAI yakni Bapak Sumedi dengan memberikan materi tentang Perlindungan anak,” katanya.

Sri mengaku sengaja meng­gandeng pihak luar. Termasuk memberikan materi perlin­dungan anak. Sebab, SMP Negeri 1 Kota Bogor memi­liki program sebagai Sekolah Ramah Anak. “Makanya ma­teri tentang perlindungan anak rasanya sangat tepat diberikan kepada siswa baru SMP Ne­geri 1 Kota Bogor agar me­reka memahami celah perl­indungan dirinya sebagai hak anak dan saat kapan mereka harus kita lindungi sebagai anak,” bebernya.

Di akhir pelaksanaan MPLS, sambung dia, akan diisi ber­bagai penampilan kreasi siswa atau display kegiatan ekstra­kurikuler. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi baru akan berminat mengikuti ke­giatan ekstrakurikuler tersebut. “Jadi, bukan hanya mempela­jari mata pelajaran, tapi juga melakukan berbagai keteram­pilan lain, termasuk menanam­kan jiwa seni terhadap anak,” katanya. Sri menambahkan, pada Jumat (19/7) pihaknya menyelenggarakan Tes Ke­mampuan Dasar (TKD) bagi siswa baru untuk mengetahui kemampuan siswa yang sebe­narnya. “Kemampuan siswa-siswi itu tentu akan kita kola­borasikan agar dalam satu kelas nanti keberadaan siswa tak hanya bersifat homogen, tapi juga heterogen,” katanya. (ber/ar/feb/py)