Sparepart Bus TransJakarta Rawan Dicuri

by -53 views

DRAMAGA – Keberadaan ratusan bangkai bus TransJakarta di RW 01, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga ternyata jadi incaran pencuri. Terbukti, tidak sedikit sparepart bus  hilang dan rusak. Malahan, Polsek Dramaga sudah pernah menangani kasus pencurian tembaga dan kabel bus pada 2018 lalu.

Kapolsek Dramaga AKP Achmad Budi Santoso menuturkan, adanya permintaan dari pihak perusahaan akan pengamanan ratusan bus selama ini tidak ada. Untuk pengamanan khusus tidak ada. Selama ini hanya patroli biasa, mengingat pihak pemilik lahan juga sudah menempatkan petugas pengaman. Tahun lalu, ada beberapa kasus yang sudah ditangani Polsek Dramaga berkaitan dengan adanya beberapa barang yang hilang di pool bus TransJakarta. “Barang yang hilang diantaranya kabel kendaraan dan tembaga. Saat itu kasusnya sudah diproses dan dilimpahkan ke kejaksaan,” ujar Budi.

Terpisah, Ketua RW 01, Desa Dramaga Asep Taufik Rahman tak menduga wilayahnya dijadikan tempat penyimpanan bangkai ratusan bus yang beroperasi di DKI Jakarta itu. “Awalnya ini lahan perkebunan, malahan ada rencana bakal di jadikan perumahan. Seiringnya waktu lahan kosong tersebut malah jadi tempat penyimpanan bangkai ratusan bus,” katanya.

Menurut Asep, seharusnya dari pihak perusahan melaporkan ke pengurus wilayah akan status bus tersebut. Apakah hanya tempat penyimpanan atau pool sementara saja, apalagi bus tersebut sangat berharga. Selain, menimbulkan keresahan di masyarakat, ke beradaan bus tersebut bisa menimbulkan tindak kriminalitas. “Sejak awal ratusan bus masuk ke pool, saya tidak mengetahui. Apalagi, lokasinya tertutup dan tulisan tidak boleh masuk ke area tersebut,” bebernya.

Sejak ramai di media, sambung Asep, tidak sedikit warga yang menanyakan kejelasan ratusan bus tapi tidak bisa menjelaskan secara detai. “Yang pasti pemiliknya bukan warga Dramaga,” pungkasnya. (ads/b/els)