Targetkan Satu Kelurahan Satu Kampung KB

by -

METROPOLITAN.id  – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Bogor menargetkan mampu merealisasikan satu Kampung Keluarga Berencana (KB) di tiap kelurahan se-Kota Bogor. Saat ini, dari 68 kelurahan, sudah ada 25 Kampung KB yang tersebar merata di tiap kecamatan.

Kepala Seksi dan Penyuluhan pada BKKBN Kota Bogor R. Diana Rahmita menceritakan, Kampung KB di Kota Bogor secara resmi dimulai pada 2016. Saat itu, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat menjadi Kampung KB pertama yang dimiliki. Sejak saat itu, keberadaan Kampung KB terus bermunculan hingga sekarang.

Menurut Diana, penentuan lokasi kampung KB tidak dipilih secara sembarang. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan seperti angka kepadatan penduduk tertinggi, rendahnya indeks pendidikan masyarakat hingga buruknya lingkungan di wilayah tersebut.

“Kalau syarat utamanya itu harus ‘ter-ter’. Mau terkumuh, terbelakang, tertinggal. Pokonya itu syarat utamanya,” terangnya.

Diana menjelaskan, Kampung KB berfungsi untuk memonitoring dan mengavaluasi wilayah tertinggal. Hasil monitoring dan evaluasi ini yang akan menjadi pijakan pemerintah dalam menentukan langkah apa yang mesti diambil.

Keberhasilan Kampung KB sendiri bisa dinilai dari perubahan perilaku masyarakat serta kemajuan fasilitas dan kualiatas kehidupan masyarakat di suatu wiayah, menjadi sejumlah indikator keberhasilan program kampung KB.

“Jadi tidak semata-semata untuk KB saja. Semua aspek sosial kita sentuh. Kampung KB dinyatakan berhasil, jika adanya kampung ini dapat memberikan perubahan,” jelas Diana.

Untuk itu, dirinya bermimpi dapat membanguan Kampung KB di seluruh wilayah yang ada di Kota Hujan. Adanya kampung KB dinilai dapat menjadi salah satu solusi kongkrit dalam mengatasi persoalan ketimpangan pembangunan. Langkah ini pun sejalan dengan visi-misi wali kota Bogor.

“Kami punya mimpi, minimal setiap keluarahan punya satu kampung KB, itu saja dulu,” tandasnya. (ogi/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *