Terancam Digusur, Ini Kata General Manager RM Mang Kabayan

by -3,986 views

METROPOLITAN – Mengusung konsep Rumah Makan Sunda, Rumah Makan (RM) Kang Kabayan menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang ke kawasan Cibinong.   Berdiri sejak 2014, RM Mang Kabayan kini berada di ujung tanduk dan terancam ditutup. Pasalnya, rumah makan yang berdiri di atas lahan aset milik Pemerintah Kabupaten Bogor tersebut belum memperpanjang izin. Padahal, masa sewa akan segera berakhir pada bulan depan.

General Manager RM Mang Kabayan, Gunawan mengaku tidak tahu menahu soal sewa lahan rumah makan yang bersebelahan dengan Situ Cibinong itu. Dirinya mengaku hanya mengetahui urusan operasional rumah makan saja.

“Kalau saya kayak gitu kurang tahu. Ya kurang tahu sih saya kalau masalah perpanjangan itu. Kalau kita operasional saja,”imbuhnya kepada metropolitan.id.

Sementara itu, Kepala Bidang Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bogor Iman mengaku tengah melakukan kajian. “Masa habisnya Agustus, lagi proses sekarang apakah disewakan lagi atau tidak. Kita sedang membuat kajian kepada Bupati Bogor. Nanti yang memutuskan bupati apakah akan diperpanjang atau tidak,” katanya.

Selain itu, dalam proses kehadiran rumah makan Mang Kabayan di Jalan Tegar Beriman ini ditengarai menuai banyak polemik karena diduga belum mengantongi izin. Salah satunya diduga melanggar Garis Sempadan Sungai (GSS) Situ Cibinong. Berdalih untuk menunjang sektor pariwisata, Iman mengaku jika hal tersebut tidak melanggar aturan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU)

“Kita sudah menentukan kalau areal tersebut di dalam Rencana Tahunan Pengelolaan Lingkungan (RTPL) menyebutkan bahwa itu adalah penunjang pariwisata. Nanti itu setu (danau,red) menjadi objek wisata,” jelasnya lagi. Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin belum memberikan tanggapan saat dikonfirmasi.  (cr1/b/suf)