Wakili Indonesia di Kancah Dunia

by -19 views

METROPOLITAN – Masyarakat Kota Bogor patut berbangga lantaran salah seorang siswa SMK di Kota Hujan berhasil terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti Lomba Desain Grafis pada ajang World Skills Competition (WSC) di Kota Kazan, Rusia, pada Agustus 2019. Ya, siapa lagi kalau bukan Luki Wiranda, siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor jurusan Multimedia.

PLT Kepala SMKN 1 Kota Bogor, Johni Alwis, mengatakan, saat ini Luki sedang dikarantina di Kementerian Pendidi­kan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengikuti pendalaman pengetahuannya tentang desain grafis. Untuk lebih memantapkan kemam­puannya, Luki diharus­kan mengikuti praktik dan pelatihan di Universitas Bina Nusantara.

Terpilihnya Luki mewakili Indonesia bukan tanpa alasan. Ia di tingkat nasional sempat keluar sebagai juara III, tetapi ketika di tes di Kemendikbud oleh Coch Design Grafis Inter­nasioal, panitia justru menja­tuhkan pilihannya kepada Luki Wiranda untuk mewakili Indonesia di ajang World Skills Competition, di Kota Kazan, Rusia. “Menjelang keberang­katannya ke Rusia, Luki memang harus didampingi seorang pendamping sebagai manajer. Kebetulan yang ditugasi men­dampingi Luki itu adalah saya, makanya ke mana pun Luki pergi saya harus selalu men­dampingi,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas pada SMKN 1 Bogor, Nani Maryani.

Nani berharap keberangka­tan Luki ke Kota Kazan, Rusia, Agustus ini akan menjadi mo­tivasi tersendiri khususnya bagi adik-adik kelasnya siswa-siswi di SMK Negeri 1 Kota Bogor, umumnya bagi gene­rasi muda Indonesia untuk terus optimis meraih prestasi.

“Di ajang Lomba Desain Grafis tingkat internasional ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan berupa peralatan komputer. Peralatan kompu­ter serba canggih itu, mendik­bud langsung yang memberi­kannya kepada SMK Negeri 1 Kota Bogor, sesuai MoU yang kami tandatangani,” katanya.

Sepulangnya Luki mengikuti lomba di Kazan, Rusia, perala­tan komputer yang digunakan­nya akan menjadi milik SMK Negeri 1 Kota Bogor dan Luki menjadi coach bagi siswa-siswi SMKN 1. “Doakan saja agar Luki berhasil memboyong prestasi di tingkat dunia dan membawa harum Bangsa In­donesia di kancah dunia,” ung­kapnya. (ber/ar/mam/py)