Yamaha Pamerkan Motor Sport Baru

by -14 views

METROPOLITAN- Pabri­kan sepeda motor asal Jepang, Yamaha, baru saja mema­merkan motor sport terbaru yang bakal dirilis pada 2020 mendatang. Ada dua tam­pilan baru yang dinilai me­miliki performa bak MotoGP yakni YZF-R1 dan YZF-R1M.

Kedua keluaran anyar ter­sebut diklaim Yamaha me­miliki aerodinamika yang lebih baik. Desain fairing-nya juga baru dan lebih kaku. Pada bagian bawah knalpot dibuat semacam pelat dari titanium.

Urusan dapur pacu, YZF-R1 dan YZF-R1M ini memiliki mesin crossplane 998cc yang sudah mengikuti regulasi Euro5. Yamaha menyebut kalau R1 dan R1M ini me­makai injektor bahan bakar 10-hole dari Bosch dan ber­tenaga 199dk.

Bukan hanya itu, dalam rilisnya YZF-R1 dan YZF-R1M sudah dilengkapi shockbrea­ker berkelas. Merek Ohlins tipe ERS NPX dipasangkan untuk R1M dan KYB dise­matkan model R1. Nah untuk versi 2020 ini, Yamaha juga memakaikan kedua bannya menggunakan Bridgestone RS11 Battlax Racing Street dengan tapak istimewa.

Terdapat tujuh sistem kon­trol, termasuk ABS menikung. Sistem knalpot juga dipasang empat catalyser dengan satu pasang ruang buang.

Yamaha YZF-R1 dan R1M baru akan dirilis untuk pasar Eropa pada 25 Juli mendatang. Kabarnya harga R1 akan di­banderol USD 17.399 alias sekitar Rp 242 juta, dan R1M USD 26.000 atau setara Rp 362 jutaan. (jp/feb)