Zidane Bakal Bimbang

by -

LANDOVER, Jawa Pos – Entrenador Real Madrid Zidane Zidane bisa menjilat air ludah sendiri mengenai Gareth Bale. Bagaimana tidak. Empat hari lalu, Zidane secara terang-terangan ingin agar pemain 30 tahun itu segera pergi dari Real Madrid. Tapi, kemarin Bale memberikan bukti bahwa cap yang di berikan Zidane salah dengan mencetak gol pembuka melawan Arsenal pada menit ke-57 dalam lanjutan International Champions Cup (ICC).

Padahal, eks pemain Tottenham Hotspur tersebut baru masuk di babak ke dua menggantikan superstar anyar Real Eden Hazard. Overall, penampilan Bale selama 45 menit cukup baik. Pada hal, itu laga pramusim pertamanya setelah dia hanya duduk di bangku VIP ketika Real dikalahkan Bayern Muenchen (21/7).

Meski dia gagal sebagai satu-satunya eksekutor adu penalti Real melawan The Gun ners, golnya di waktu normal layak diberi kredit tersendiri. ’’Dia (Bale) memainkan pertandingan yang bagus dan saya senang untuknya,’’ puji Zidane setelah pertandingan seperti dilansir Reuters. ’’Dia tetap berlatih seperti biasa dan karena itu dia bermain (kemarin, Red). Tapi, tidak ada yang berubah dan Anda tahu situasinya,’’ sambung pelatih asal Prancis tersebut.

Menurut pelatih 47 tahun itu, satu performa bagus Bale kemarin tidak bisa jadi tolok ukur bahwa dirinya sudah berubah. Sebab, Bale memang masih sering angin-anginan alias moody. Zizou sapaan Zidane boleh saja belum membuka pintu bagi Bale agar masuk rencananya musim 2019– 2020.

Tapi, faktanya, kehadiran gol Bale bagi pertandingan Real sejak 2013 sangat penting. (lihat grafis) Masalahnya, kompetitor di posisi Bale sebagai wide attacker saat ini sudah sesak. Selain Hazard, ada Rodrygo Goes, Vinicius Junior, Lucas Vazquez, Isco, dan Brahim Diaz.

Itu belum termasuk James Rodriguez yang baru kembali dari masa pinjaman bersama Bayern Muenchen. Satu-satunya solusi jika memang ingin bertahan dan tidak ada tawaran dari klub lain yang cocok bagi manajemen Real, Bale harus pindah posisi sebagai striker. Pesaing di posisi tersebut setidaknya tidak sebanyak saat masih mengemban pos wide attacker. Bale hanya harus bersaing dengan Karim Benzema, Luka Jovic, dan Mariano Diaz.

Statistik 102 gol dalam enam musim terakhir bisa jadi bukti bahwa Bale bisa menjadi senjata rahasia Real. Dia bisa mengacu kepada Cristiano Ronaldo yang sukses bertransformasi dari winger/wide attacker menjadi striker sejak berkostum Real. Meski, Zidane diyakini bakal memprioritaskan pemain lain daripada Bale. Bale terlihat kalem mengenai statusnya di Real. Apa lagi, kontraknya masih tersisa tiga tahun lagi.

Artinya, harga nya di bursa transfer juga tidak akan berubah banyak dan itu juga bisa memudahkan Real untuk menjualnya. Saat ini Transfermarkt merilis bahwa market value Bale adalah EUR 60 juta (Rp 936,1 miliar). Itu adalah harga minimal Bale. Sebab, Real membelinya dengan harga EUR 100,8 juta (Rp 1,57 triliun) dari Spurs pada 2013. ’’Bale bermain baik melawan Arsenal dan mampu mencetak gol. Itu jadi bukti bahwa dia masih memiliki sesuatu untuk ditawarkan (kepada klub lain, Red). Tapi, rekonsiliasi (dengan Zidane, Red) jelas masih mustahil untuk saat ini,’’ tulis Marca. (io/c22/ tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *