1.672 Loker Jadi Rebutan

by -

SUKABUMI – Ratusan warga Sukabumi antusias mengikuti Job Fair 2019 di Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah (BK3D) Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menyebutkan job fair sengaja digelar untuk memudahkan para pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan. “Job fair ini mengutamakan pencari kerja yang berdomisili di Kabupaten Sukabumi. Ada sekitar 1.672 lowongan yang tersedia,” ungkap Iyos.

Selain membantu pencari kerja, job fair yang rutin digelar per tahunnya itu juga turut membantu perusahaan dalam merekrut tenaga kerja. Sebab, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. “Mudah-mudahan mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Sukabumi,” harapnya, Rabu (7/8/19).

Namun ketika dikonfirmasi berapa persen job fair bisa mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Sukabumi, pihaknya belum bisa memastikan. “Belum bisa dipastikan berapa persennya, namun yang pasti sekarang dibutuhkan 1.672 pencari kerja. Meskipun pencari kerja tidak datang mencapai seribu tapi mereka juga ada yang mendaftar melalui online,” ujarnya.

Sekadar diketahui, job fair ini digelar dua hari, mulai 7 sampai 8 Agustus di Gedung BK3D Cibadak, Rabu (7/8). Hasil pantauan di lokasi, sekitar 3.000 calon pekerja datang pada acara tersebut. Sedikitnya ada 21 perusahaan turut berpartisipasi menawarkan 1.672 lowongan kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

Salah seorang pelamar asal Parungkuda, Chalika (18), mengaku terbantu dengan adanya job fair ini. “Saya berterima kasih dengan adanya job fair ini. Mudah-mudahan saya bisa memanfaatkannya dengan baik. Sudah saatnya saya menunjukkan sebagai orang yang berguna,” ujar Chalika.

Selain menyediakan lowongan kerja, job fair ini juga diisi display pengusaha muda binaan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Sukabumi, Mirarisoles, asal Nagrak, serta bakti sosial donor darah dan pembuatan kartu kuning. (dna/ade/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *