114 Warga Ciadeg Dapat Buku Tabungan

by -
KUMPUL: Warga Ciadeg kumpul di kantor desa untuk mendapat buku tabungan.

CIGOMBONG – Guna  memastikan jalannya progres pembangunan jalur ganda kereta api lintas Bogor – Sukabumi PT KAI (Persero) menyerahkan buku rekening kepada puluhan warga terdampak pembangunan double track (jalur ganda) kereta api. Seperti di Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong. Penyerahan buku rekening bagi warga Kampung Ciadeg ini dilakukan di aula kantor Desa Ciadeg, kemarin.

Pjs Kepala Desa Ciadeg, Juma mengatakan pemberian rekening ini sebagai bentuk finalisasi atas pemberian biaya kerohiman bagi warga terdampak pembebasan lahan pembangunan jalur ganda kereta api Bogor – Sukabumi. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah diagendakan, terutama mengenai program pelaksanaan pembangunan jalur ganda kereta api dari Kementerian Perhubungan lintas Bogor – Yogyakarta,” katanya.

Ia menyebut, kegiatan penyerahan buku rekening dan penandatanganan berita acara ini tahapan akhir dari proses  pelaksanaan pemberian dana kerohiman yang sejak awal telah diprogramkan pihak PT KAI. “Kalau jumlah bangunan yang akan ditertibkannya itu ada 114, semua milik warga yang tinggal di atas lahan milik PT KAI,” ujarnya.

Nilai anggarannya sendiri, lanjut Juma, dinilai dari klasifikasi kondisi, luas maupun bentuk bangunan, dengan rincian biaya didalamnya meliputi, biaya bongkar, biaya sewa, biaya mobilisasi dan biaya untuk kegiatan usaha. “Jadi klasifikasinya dilihat dari keadaan bangunan. Meski demikian, nilai yang diterima warga tidak sama, berpariatif sesuai kondisinya seperti ringan, sedang dan berat. Intinya, kami pihak Pemerintah Desa berterima kasih pada Pemerintah Pusat atas dana kerohiman ini,” terangnya.

Cuma bersyukur, selama proses tahapan mulai awal tidak mendapat masalah, bahkan berjalan lancar serta warga pun menyadarinya. “Alhamdulillah, semua berjalan aman dan mereka juga sangat menyadari soal adanya penertiban bangunan miliknya yang berdiri diatas lahan milik PT KAI,” pungkasnya. (nto/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *