2.000 Meter Lahan di Gunung Hanjawong Terbakar

by -19 views
SIAGA: Muspika Sukamakmur sigap mengatasi kebakaran lahan di Gunung Hanjawong, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, kemarin.

SUKAMAKMUR – Kemarau berkepanjangan hampir menghanguskan Gunung Hanjawong, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur. Kebakaran terjadi sekitar pukul 11:00 WIB. Beruntung api dapat dipadamkan dan hanya membakar kurang dari 2.000 meter persegi.

Camat Sukamakmur, Zaenal Ashari menjelaskan, kebakaran lahan di lereng Gunung Hanjawong menghanguskan kurang dari 2.000 meter persegi. Api dapat dipadamkan kurang lebih tiga jam dengan memakai alat seadanya dan penyebab kebakaran belum dapat dipastikan.

“Saat pemadaman saya, kapolsek beserta tim gabungan ada di lokasi dan ikut memadamkan yang dibantu warga setempat,” ujar camat.

Dengan peristiwa ini diharapkan masyarakat untuk tidak membakar lahan dan menjaga dari musibah kebakaran. Jika ada terjadi musibah kebakaran lahan pihak muspika siap dengan sigap terjun ke lokasi.

Di tempat yang sama. Kapolsek Sukamakmur. Iptu Hendra Kurnia menambahkan, peristiwa kebakaran lahan di Gunung Hanjawong berawal dari laporan adanya kepulan asap di lereng gunung. Tim gabungan Kecamatan Sukamakmur beserta warga setempat sigap ke lokasi. “Kami harus menempuh jarak tujuh kilometer dengan berjalan menanjak. Tapi bersyukur api berhasil dipadamkan,” katanya. (din/b/els)