4.000 Anggota Pramuka Meriahkan Upacara di Sempur

by -57 views

METROPOLITAN – Sebanyak 4.000 anggota Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, para Pembina, serta Majelis Bimbingan Gugus Depan (Mabigus) se Kota Bogor akan mengikuti Apel Akbar, Jumat (16/8) hari ini.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)ke 58, Gerakan Pramuka, tingkat Kota Bogor yang dipusatkan di Lapangan Sempur.

Menurut Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, ada 4.000 anggota yang ikut dalam acara tersebut. “Mereka yang hadir itu adalah utusan dari masing masing Kwartir Ranting se Kota Bogor. Masing masing Kwartir Ranting mengirimkan anggotanya antara 600 hingga 750 orang, dari berbagai tingkatan dan Pembina serta para Mabigusnya” kata Ade.

Menurutnya, Apel Akbar ini merupakan puncaknya HUT Ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kota Bogor.

“Kegiatan apel ini merupakan kegiatan masal yang begitu mendapat perhatian khusus dari masing masing pengurus Kwartir Ranting” kata Ade.

Usai acara pokok HUT Pramuka, sambung Ade, tamu  undangan akan suguhkan dengan kegiatan menarik. Yakni atraksi senam kolosal yang diikuti 500 anggota Pramuka Penggalang, penampilan kolaborasi angklung dengan alat alat musik lainnya sebanyak 100 orang.

“Sebagai bukti pengabdian, kita juga akan memberikan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) kepada tiga orang  ketua Majelis Pembimbing Ranting, berupa Bintang Pancawarsa, kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sujatmiko Brilianto, yang pernah menjabat sebagai ketua Mabiran Bogor Selatan, serta Agustiasyah,  Camat Bogor Tengah, selaku ketua Mabiran Bogor Tengah, serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fachrudin,”bebernya.

TPOD lainnya, kata Ade Sarip, yakni   Bintang Pancawarsa, kepada 53 orang Pembina Pramuka, Lencana Dharma Bhakti kepada 9 orang Pembina, serta Bintang Melati 1, kepada 1 orang Pembina Pramuka, yang  akan diberikan pada kegiatan pembukaan Jambore Cabang,  yang akan dilaksanakan pada oktober 2019.

“Untuk bintang Pancawarsa yang diterima  kak Bima Arya selaku ketua Mabicab Kota Bogor,  akan disematkan pada puncak acara HUT Gerakan Pramuka tingkat Jawa Barat di Pakansari Cibinong tanggal 22 Agustus mendatang” jelasnya (ber/ar/feb)