50 Wakil Rakyat Kota Bogor Disumpah Jabatan. Diisi Setengah Muka Lama, Paling Tua 68 Tahun

by -0 views
DITETAPKAN: KPU Kota Bogor menetapkan anggota DPRD Kota Bogor terpilih periode 2019-2024 di gedung DPRD Kota Bogor, belum lama ini.

METROPOLITAN – Hari ini jadi hari spesial bagi 50 anggota DPRD Kota Bogor terpilih periode 2019-2024. Mereka dilantik menjadi wakil rakyat di Kota Bogor. Pelantikan itu berlangsung di gedung paripurna DPRD Kota Bogor.

Dalam ritual ini, ke-50 ang­gota dewan terpilih akan di­ambil sumpah jabatannya. Mereka akan bersaksi di bawah kitab suci sesuai agamanya masing-masing. Sumpah yang disebutkan lebih kepada me­reka harus menjalankan ama­nah yang diemban sesuai amanat undang-undang.

Namun di balik itu semua, dari 50 anggota DPRD Kota Bogor, 50 persen diisi muka lama. Usia para legislator itu pun bervariasi, mulai dari ter­muda berusia 23 tahun hingga tertua berusia 68 tahun. Jumlah periode sendiri bermacam-macam. Dari yang baru mera­sakan hingga yang sudah me­rasakan menjadi wakil rakyat di Kota Hujan untuk ketiga kalinya.

“Untuk termuda ada M Restu Kusuma. Sedangkan yang sudah usia senior ada Pak Oyok. Selain itu masih ada nama lain yang sudah menja­bat tiga periode,” kata Ketua KPU Kota Bogor Syamsudin kepada Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, berdasarkan hasil penetapan diketahui bahwa sebanyak 50 persen anggota DPRD terpilih meru­pakan muka-muka lama, dengan rincian 25 orang wajah lama dan 25 orang wajah baru.

Kendati demikian, yang meng­gembirakan dengan kompo­sisi anggota DPRD terpilih kali ini adalah meningkatnya keterwakilan perempuan yang menjadi 22 persen setelah sebelumnya hanya 17 persen.

”Ada sebelas anggota DPRD perempuan. Kemudian tahun ini juga banyak petinggi partai tingkat kota menghiasi parle­men kita. Ada enam ketua partai yang jadi anggota dewan dan empat sekjen menjadi anggota dewan. Ini mudah-mudahan semakin memper­kuat parlemen di Kota Bogor karena koordinasi partai di parlemen akan semakin ny­ambung,” beber Syamsudin.

Sementara itu, Sekretaris De­wan Kota Bogor Boris Deru­rasman menuturkan, pelanti­kan tersebut akan dipimpin Wali Kota Bogor Bima Arya yang nantinya akan membacakan hasil putusan gubernur Jawa Barat mengenai anggota DPRD Kota Bogor terpilih periode 2019-2024. Selain pembacaan putusan tersebut, pengambilan sumpah dan penyematan pin oleh ketua Pengadilan Negeri Kota Bogor juga akan dilakukan kepada seluruh anggota DPRD Kota Bogor terpilih.

”Acara ini formal dan digelar serentak di seluruh Indonesia. Pada acara ini juga ada serah terima palu dan buku me­mori dari pimpinan lama ke pimpinan baru,” singkatnya. (yos/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *