Ade Yasin Setuju Bogor Jadi Provinsi

by -1.3K views

METROPOLITAN.id – Meski baru sebatas obrolan santai, wacana pembentukan provinsi baru, Bogor Raya nyatanya mulai direspon positif. Bupati Bogor Ade Yasin bahkan mengatakan wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya sudah mencuat sejak 2012 silam saat kepemimpinan RahmatbYasin.

Menurutnya, wacana itu kembali muncul lewat sebuah pembicaraan dengan Walikota Bogor Bima Arya saat berada di IPB University.

“Saya bilang dari pada kita diminta wilayahnya, lebih baik buat provinsi saja. Karena ini wacana sudah lama kan ya, dari pada diambil-ambilin gitu (wilayah, rrd) kan dan khawatir membuat konflik, jadi lebih baik kita bikin provinsi Bogor Raya,” kata Ade Yasin, Senin (12/8)

Jika wacana itu terwujud, dirinya juga sudah memiliki gambaran kasar soal kota/kabupaten yang akan masuk provinsi Bogor Raya. Ada 10 kota/kabupaten yang kemungkinan bisa masul seperti Kabupaten Bogor, Bogor Barat, Bogor Timur, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Ade Yasin menilai, Jawa Barat dengan 27 kabupaten/kota masih terlalu banyak. Sehingga, pembentukan provinsi baru ini sangat memungkinkan jika berkaca pada Banten.

“Menurut saya terlalu luas juga ya, jadi kenapa nggak dibagi saja wilayahnya. Tapi ini baru obrolan santai, tidak mesti diseriusi dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya juga tertarik mengkaji wacana Provinsi Bogor Raya. Dirinya perlu melihat kajiannya terlebih dulu.

“Saya mesti lihat kajiannya dulu. Saya berprinsip semua kebijakan harus melalui kajian yang matang. Jangan sampai terburu-buru. Jangan terkait politik. konteksnya untuk mengantisipasi perkembangan jumlah penduduk dan kompleksitas persoalan kota,” jelas Bima.(cr2/fin)